Waktu Belajar Maksimal

Thursday, July 6, 2017

Pada dasarnya, setiap manusia mempunyai jam biologis yang berbeda-beda. Kaitannya dengan belajar, ada yang lebih bersemangat belajar di pagi hari, dan ada juga seseorang yang lebih bersemangat belajar di malam hari. Seseorang yang suka belajar di pagi hari disebut dengan istilah early bird, sedangkan seseorang yang suka belajar di malam hari disebut dengan istilah night owl. Berikut ini beberapa tips agar gaya belajar early bird ataupun night owl kamu bisa maksimal!

Early Bird

Kalau kita termasuk orang dengan tipe belajar early bird, artinya jam biologis kita sudah mulai bekerja dengan baik sejak pukul lima pagi. Kita paling cocok dengan sistem belajar mulai pukul sembilan pagi sampai lima sore dan tubuh sudah memberikan sinyal mengantuk sekitar pukul sembilan malam. Dengan pola seperti ini, pastinya kita harus memaksimalkan waktu sebaik mungkin.

Bangun pagi sekali.
Belajar di pukul 5-7 pagi adalah waktu yang paling tepat. Pukul lima pagi diyakini banyak orang sebagai jam terbaik untuk belajar. Penulis-penulis terkenal seperti Haruki Murakami, Sylvia Platt dan Ernest Hemingway memulai hari mereka dengan menulis pada pukul empat sampai enam pagi.

Cemilan ringan.
Karena tubuh sudah istirahat dan perut kosong, maka tidak ada salahnya jika kita menyiapkan makanan ataupun minuman yang menyegarkan untuk membuat otak bekerja dengan baik. Bisa air hangat dengan perasan lemon atau air putih untuk membuat tubuh lebih segar dan berenergi.

Sisakan waktu untuk bersiap-siap.
Selama apapun kita belajar, jangan lupa menyisakan waktu selama satu jam untuk bersiap-siap ke sekolah maupun kuliah. Peritungkan juga pukul berapa orang-orang di rumah mulai bangun. Karena kalau keluarga sudah bangun, maka suasana akan lebih berisik dan konsentrasi akan buyar.

Cahaya yang pas.
Keuntungan early bird adalah suasana segar dan sinar matahari pagi sangat mendukung untuk belajar. Jadi, bukalah jendela lebar-lebar dan biarkan cahaya matahari masuk. Kondisi ini akan memberikan efek menenangkan untuk otak.

Lakukan hafalan di awal belajar.
Menghafal lebih enak dilakukan saat sepi. Jadi, sebaiknya kita mulai belajar yang siffatnya hafalan di awal, setelah itu barulah kita melanjutkannya dengan yang ditulis atau mengerjakan PR.

Night Owl

Tipe manusia ini adalah mereka yang otaknya bekerja dengan baik diatas pukul satu siang dan paling optimal antara ukul tujuh malam hingga dua pagi.

Begadang.
Mereka tipe night owl harus mempersiapkan badan sebaik mungking sebelum begadang. Minimal dua jam sebelum belajar, tubuh harus sudah rileks. Jangan sampai terjadi kita tiba di rumah pukul sembilan malam, lalu begadang hingga pukul dua pagi. Maka, siapkan diri sejak pukul enam atau tujuh sudah ada di rumah. Rilekskan pikiran dengan mandi air hangat, minum jus atau tidur-tidur santai.

Tanpa game dan TV.
Hindari memforsir mata kita dengan melihat ke layar benda elektronik. Jadi, dua jam sebelum begadang istirahatkan dulu mata dari benda elektronik seperti TV, HP, Tablet dan gadget lainnya.




Penerangan yang baik.
Belajar pada malam hari sangat mengandalkan penerangan yang baik pula. Tempat belajar harus memiliki lampu yang baik dan tidak membuat mata sakit. Jika kita menggunakan komputer, maka aturlah cahaya komputer agar tidak terlalu terang ataupun terlalu redup.

Hindari makanan manis.
Hindari makanan yang serba manis dan berat. Karena makanan tersebut akan membuat perut terasa berat dan efeknya akan mengurangi kinerja otak. Minumlah sebanyak mungkin air putih agar tidak mudah dehidrasi sehingga otak dapat bekerja dengan baik.

Siapkan semua sebelum tidur.

Kelemahan dari tipe night owl adalah kita pasti terburu-buru pada saat bangun pagi. Jadi, sebelum tidur, siapkan semua peralatan. Usahakan jangan sampai begadang berlebihan, karena tidur hanya dua atau tiga jam saja tidak baik untuk kesehatan.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS