Tips Memilih Model Kacamata Yang Sesuai Dengan Bentuk Wajah

Tuesday, June 13, 2017

Kacamata merupakan alat bantu bagi orang yang mengalami masalah atau gangguan penglihatan, seperti rabun dekat, rabun jauh, atau mata silinder. Bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan kacamata, tentu akan merasa terganggu jika sampai tidak menggunakannya. Semua yang ada di depan mata terlihat tidak jelas dan blur. Namun, ada pula yang lebih memilih menggunakan lensa kontak karena dianggap lebih trendy dan terkesan tidak ‘cupu’ dibandingkan menggunakan kacamata. Eits, tapi jangan salah ya, sekarang ini sudah banyak jenis kacamata yang beredar di pasaran dengan berbagai model frame yang bervariasi.


Cara memilih kacamata yang pertama, perhatikan bentuk wajah. Bentuk wajah setiap orang berbeda-beda, sehingga untuk menyesuaikannya membutuhkan berbagai macam kacamata yang berbeda pula. Penampilan beberapa orang terlihat tampan / cantik ketika menggunakan kacamata yang sesuai dengan bentuk wajahnya. Maka dari itu, kalian harus mempertimbangkan frame kacamata yang seperti apa yang kira-kira cocok dengan bentuk wajah kalian. Cara yang kedua yaitu, pilih warna yang sesuai dengan warna kulit, rambut atau pakaian kalian. Pilihan warna hanya berpengaruh pada penampilan kok, dan tidak berpengaruh pada kesehatan. Warna frame yang paling ‘aman’ dan cocok untuk semua warna kulit adalah warna hitam. Warna hitam ini memiliki kesan natural dan elegan sehingga cocok digunakan oleh siapapun. Cara yang ketiga, yaitu berdasarkan size (ukuran) frame kacamata. Ukuran atau size kacamata tidak hanya berpengaruh dari segi penampilan saja lho, tapi juga berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan pengguna. Jika dari segi penampilan, size frame kacamata  yang terlalu lebar atau kecil tentu akan terlihat aneh jika dipakai. Selain itu, jika dilihat dari segi kesehatan size frame kacamata yang kelebaran atau kesempitan juga akan mempengaruhi kesehatan mata seperti salah fokus, sehingga dapat menyebabkan pandangan yang kurang jelas dan bahkan pusing. Size frame kacamata yang tidak tepat juga akan menganggu kenyamanan pemakai misalnya sering melorot, terlalu menekan samping kepala atau menekan telinga.

Kini, kacamata tak hanya menjadi alat bantu penglihatan, namun juga juga dapat menunjang penampilan. Maka dari itu, kita harus pintar memilih frame kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah kita. Ingin tau frame kacamata seperti apa yang cocok dengan bentuk wajahmu? Nah, yuk disimak.

1.     Bentuk wajah bulat


Kamu mempunyai wajah bulat dan pipi chubby? Kamu bisa menggunakan kacamata dengan frame bentuk sudut runcing atau menyiku atau frame kacamata berbentuk kotak baik itu frame setengah lensa ataupun frame yang full membungkus lensa, karena frame kacamata jenis ini akan membuat wajahmu terlihat lebih tirus dan mempertegas bentuk wajahmu. Jangan lupa pilih ukuran kacamata yang sedikit lebar dari wajahmu agar wajah terlihat lebih runcing. Bagi kamu yang mempunyai wajah bulat, hindari menggunakan kacamata dengan frame bulat apalagi dengan ukuran yang kecil ya, sebab hal ini justru akan mempertegas bentuk wajahmu yang bulat.

2.     Bentuk wajah kotak

Bentuk wajah kotak dengan rahang yang tegas dan tulang pipi yang lebar merupakan bentuk wajah yang diidamkan para lelaki. Pasalnya, bentuk wajah ini terlihat kokoh dan manly, lho. Proporsinya yaitu rahang dan dahi memiliki panjang yang sama. Bentuk wajah kotak ini cocok jika menggunakan kacamata dengan bentuk oval atau bulat dengan tepi melengkung, guna menyamarkan kontur tegas di wajah dan menampilkan kesan proposional pada wajah. Jenis frame yang harus dihindari adalah frame kacamata berbentuk persegi atau kotak dengan sudut atau tepian yang kaku. Mengapa? Sebab kacamata bentuk persegi dengan sudut yang kaku akan semakin mempertegas garis wajah sehingga akan menunjukkan kesan kaku pada wajahmu.

3.     Bentuk wajah oval

Bagi kalian yang memiliki wajah oval, jangan khawatir karena kalian cocok menggunakan model kacamata apapun, sebab wajah oval mempunyai bentuk dahi dan dagu yang simetris. Pilihlah kacamata dengan ukuran yang tidak terlalu besar ataupun kecil agar penampilanmu terlihat semakin sempurna. Untuk memepertegas bentuk wajah dan menambah kesan stylish, kamu dapat memilih kacamata dengan frame yang besar dan tebal. Sebagai pilihan, kamu dapat mencoba kacamata model oval, cat eyes, persegi ataupun bulat.

4.     Bentuk wajah hati

Wajah berbentuk hati itu yang seperti apa sih? Jika kamu memiliki dahi yang lebar dengan tulang pipi dan dagu yang lancip, maka kamu memiliki bentuk wajah hati. Jenis kacamata yang sesuai dengan bentuk wajah ini adalah kacamata dengan frame yang lebar di bagian atas dan menyempit di bagian bawah dengan sisi lancip serta berdiameter tebal. Kacamata bentuk ini biasa disebut dengan kacamata cat eyes. Model kacamata ini dapat membuat tulang pipimu terlihat lebih kecil, karena akan tertutupi oleh frame yang tebal di bagian itu. Jangan lupa pastikan rentang sisi atas kacamata melebihi lebar dahi. Hal ini berfungsi membuat wajahmu semakin proporsional. Selain model cat eye terdapat model kacamata alternatif lain yaitu kacamata dengan bentuk frame persegi panjang. Untuk model kacamata yang perlu dihindari bagi pemilik wajah berbentuk hati adalah kacamata dengan frame yang tinggi dan lebar karena dagu akan terlihat semakin kecil.


Nah sekarang sudah tahu kan model kacamata mana yang cocok dengan bentuk wajahmu? Pastikan kacamata yang kamu pilih tidak mengganggu kenyamanan dan kesehatanmu, ya.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS