7 Tips Untuk Mulai Menabung

Sunday, July 9, 2017

Menabung merupakan salah satu kegiatan yang pernah dilakukan oleh setiap orang, baik anak kecil sampai orang dewasa. Menabung merupakan kegiatan mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Uang yang kita kumpulkan sedikit demi sedikit tersebut suatu saat pasti akan terkumpul banyak sehingga dapat kita manfaatkan untuk membeli sebuah barang yang kita idam-idamkan. Tidak hanya untuk membeli barang, menabung juga bisa digunakan sebagai investasi jangka panjang. Apabila kita rajin menabung, maka jika suatu saat kita membutuhkan uang untuk keperluan penting secara mendadak kita dapat mengambil uang tabungan tersebut. Namun tidak semua orang dapat menabung karena  hal-hal tertenu.
Sumber gambar: http://kintakun-collection.co.id
Berikut ini merupakan tips agar kita bisa mulai menabung:

1.      Harus Punya Target
Misal saja kalian sedang ingin membeli kamera smartphone, dan tidak memungkinkan untuk minta ke orang tua yang keadaan ekonominya juga sedang kesulitan. Nah, dengan target itu kalian bisa semangat untuk mulai menabung.
2.      Jangan Pelit-Pelit Menyisihkan Uang Untuk Ditabung
Tidak mudah memang menyisihkan uang untuk ditabung, apalagi jika uang yang kita miliki dapat dibilang pas-pasan. Dengan biaya hidup dan keperluan yang membutuhkan uang banyak tentu kita berpikir dua kali untuk menyisihkan beberapa yang kita untuk ditabung. Namun, ingatlah target! Berfikirlah bahwa jika kita tidak memiliki uang sendiri dan tidak memulai untuk menabung maka kita tika akan pernah memiliki smartphone yang kita inginkan.
3.      Simpan Uang Dalam Wadah
Menyimpan uang tabungan dalam wadah (atau yang sering disebut celengan) mnungkin sudah biasa, tapi carilah wadah yang susah untuk dibuka. Misal wadah yang terbuat dari kayu, jangan sekali-kali menggunakan wadah yang terbuat dari plastik, karena wadah tersebut akan mudah disobek dengan gunting (seperti pengalaman saya). Pakailah wadah dari kayu karena memang susah dibuka jadi sudah pasti aman.
4.      Simpan Wadah di Tempat Aman
Kalian pasti sudah tau jika saat ini kemanan sudah menjadi hal yang minim, apalagi bagi kalian yang notabennya lebih banyak menghabiskan waktu di luar dan jarang di rumah. Jangan pernah kalian meninggalkan wadah kalian di meja atau tempat yang mudah dijangkau orang asing. Simpanlah wadah kalian dalam lemari dan kunci rapat-rapat lemari terbut. Jika kalian berfikir, kenapa tidak simpan saja di bank? Mungkin saja banyak pertimbangan untuk menabung atau menyimpan uang di bank, hal ini karena biasanya kita menabung dengan nominal yang sedikit, rasanya sangat tidak etis apabila harus menabungnya di bank. Apalagi jika setiap bulan uang tabungan yang kita tabung sedikit demi sedikit tersebut harus dipotong biaya administrasi. Jadi saran saya, simpanlah uang di bank jika nanti uang dalam wadah anda sudah penuh, dan mulailah mengisi sampai penuh lagi.
5.      Buat Rekening Bank
Jika wadah uang tabungan tadi sudah benar-benar penuh dan tidak bisa menampung uang, kalian bisa buat rekening. Hal ini untuk mengamankan uang anda yang sudah terkumpul cukup banyak.
6.      Jaga Hawa Nafsu
Sisihkanlah uang anda, jangan menyimpan uang terlalu banyak di dompet. Semakin banyak kalian menyimpan uang di dompet malah akan membuat kalian gatel untuk memakai uang itu. Tapi jika kalian melihat dompet uang hanya tinggal selembar, pasti kalian akan berpikir dulu sebelum memakai uang tersebut, dan kalian bisa lebih irit. Kalian harus mau makan seadanya, pakaian seadanya, tidak usah yang neko-neko yang penting masih pantas dimakan dan pantas dipakai. Kalian harus bisa menahan hawa nafsu untuk makan makanan mahal (kalo sekali-kali sih tidak masalah, yang penting jangan keterusan) dan jangan belanja barang yang tidak terlalu diperlukan.
7.      Jangan Berpikir Untuk Mengambil Tabungan
Ingatlah target awal kenapa kita nabung dan buang jauh-jauh pikiran untuk membuka celengan, anggap saja kalian hanya punya uang yang ada di dompet dan tidak punya tabungan sama sekali.

Nah, teman-teman itu tadi tips menabung dari saya. Jadi mulai sekarang jika kalian ingin sesuatu harus usaha untuk membeli sendiri ya? Karena tidak mungkin kita untuk mengandalkan orang lain secara terus menerus. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS