Hilangkan Bau Mulut Tak Sedap Dengan 7 Tips Ini

Tuesday, July 11, 2017

Bau mulut merupakan masalah yang cukup krusial, karena hal tersebut dapat menganggu ketika berbicara dengan orang lain. Halitosis atau yang biasa disebut dengan bau mulut tak sedap dapat disebabkan oleh berbagai hal. Menurut studi, 80% bau mulut tak sedap disebabkan oleh masalah pada kesehatan gigi dan mulut (gigi berlubang, sariawan, gusi bengkak, dan lain-lain). Maka dari itu, kita wajib menjaga kesehatan mulut agar tidak menyebabkan gangguan seperti bau mulut tak sedap.  Lalu, bagaimana cara menghilangkan bau mulut yang tak sedap? Yuk dibaca tips berikut ini:



1.   Rajin menggosok gigi


Hal paling dasar guna menjaga kesehatan mulut yakni rajin menggosok gigi, minimal 2 kali sehari saat mandi. Kondisi mulut yang bersih tentu dapat mencegah perkembangan bakteri di mulut, sehingga potensi bau mulut menjadi berkurang. Dalam menggosok gigi jangan terlalu kasar karena hal tersebut dapat menyebabkan lapisan gigi hancur sehingga gigi menjadi mudah berlubang dan mengalami kerusakan. Selain itu, kalian perlu mengganti sikat gigi minimal dua bulan sekali.

2.   Minumlah green tea


Seperti yang telah kita ketahui, teh hijau mengandung zat antioksidan dan catechin yang cukup tinggi. Catechin adalah senyawa aktif yang dapat membasmi kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Kalian dapat meminum teh hijau 2-3 kali sehari untuk menghilangkau bau mulut tak sedap seutuhnya. Namun jangan hanya rajin meminum teh hijau ya, kalian juga harus mengimbanginya dengan pola hidup sehat seperti rajin menggosok gigi atau berkumur guna menghindari petumbuhan bakteri di mulut.

3.   Kayu Manis


Kayu manis merupakan rempah-rempah berbentuk kulit kayu yang biasa dimanfaatkan sebagai penambah cita rasa masakan atau kue. Selain berfungsi sebagai penambah cita rasa, kayu manis mengandung aldehida sinamat,  yakni sejenis minyak essensial yang dapat mengurangi bau mulut serta dapat membasmi pertumbuhan bakteri pada mulut. Cara menggunakan kayu manis sebagai pembasmi bau mulut yaitu cukup dengan menyeduhnya dengan air panas, lalu setelah dingin gunakan air tersebut untuk berkumur.

4.   Jeruk nipis

Seperti yang telah kita ketahui, jeruk nipis kaya akan vitamin C. Vitamin C inilah yang dapat menyegarkan mulut serta menghilangkan bau mulut tak sedap. Cara menggunakannya, yakni dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok madu murni. Minumlah ramuan tersebut secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

5.   Daun sirih


Daun sirih sudah terkenal sejak dahulu untuk mengatasi bau mulut, menyegarkan nafas, menjaga kesehatan gigi serta gusi. Nenek moyang kita dahulu sering mengunyah daun sirih guna menjaga kesehatan mulut, gigi, dan gusi. Daun sirih mengandung senyawa minyak atsiri, yang didalamnya seskuiterpen, minyak terbang, pati, diatase, gula, zat samak, dan kavikol yang memiliki efek antikuman (antidesinfektan) antioksidasi, dan fungisida. Cara menggunakan daun sirih untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan merebusnya dengan air, lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Lakukan dua kali sekali sehingga bau mulut dapat hilang secara cepat.

6.   Beras


Dalam kehidupan sehari-hari, beras bisa dimasak menjadi nasi dan disantap sebagai makanan pokok. Namun ternyata, beras diketahui dapat menghilangkan bau mulut, lho. Caranya sangat gampang, yaitu hanya dengan mengunyah beras hingga halus, lalu kumurlah dengan air bersih.

7.   Daun kemangi


Ocimum Canum atau yang biasa disebut dengan daun kemangi ini merupakan tanaman serbaguna yang memiliki aroma harum.  Biasanya, daun kemangi digunakan untuk lalapan atau pelengkap/ campuran pepes. Kemangi mengandung zat saponin, flavonod, tanin, dan minyak atsir yang berguna menghilangkan bau mulut tak sedap. Cara menggunakan daun kemangi untuk membasmi bau mulut cukup dengan mengunyahnya saja, maka bau mulutpun akan hilang serta nafas akan terasa lebih segar.

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan bau mulut, sekarang jangan khawatir lagi. Anda bisa mempraktekkan cara-cara di atas di rumah atau dimana saja. Mudah bukan? Selamat tinggal bau mulut... hehehehe.



No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS