Pantai Buyutan Pacitan Jawa Timur

Thursday, July 6, 2017

Pantai Buyutan terletak di Desa Widoro Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Pacitan merupakan sebuah kota di tepi selatan yang berjarak kurang lebih 270 km dari kota Surabaya atau 100 km dari Solo. Untuk menempuhnya kita butuh waktu 5-6 jam dari kota Surabaya dan kurang lebih 5 jam dari kota Semarang. Jalur termudah menuju pantai ini yakni melalui jalur ke Goa Gong. Ketika Anda dari arah Solo melewati jalan utama Pacitan-Solo tepatnya berada di pertigaan Masjid Punung Anda belok kearah kanan. Namun apabila Ada dari arah Pacitan kota Anda mengambil arah kiri. Anda bisa mengikuti jalur kearah Goa Gong, setelah sampai di kawasan Goa Gong, ambil jalan lurus jurusan kalak di area tersebut sudah tersedia plang (penunjuk jalan) supaya pengunjung tidak tersesat. Untuk menuju tempat ini cukup melelahkan karena banyak jalanan yang berkelok dan naik turun. Jalur menuju Desa Widoro pun masih sangat susah untuk dijangkau dan harus berhati-hati. Dari jalanan yang sempit (mobil dua pun tidak bisa berjalan ketika bersebelahan, karena jalan terlalu sempit.
            Setelah memasuki area Pantai Buyutan sebelum turun ke area pantai Anda bisa berhenti diatas dan menikmati keindahan Pantai Buyutan dari atas. Perjalanan bisa di lanjut ke bibir pantai yang bisa diakses menggunkan kendaraan roda dua ataupun bisa dilakukan dengan berjalan kaki karena kondisi turunan yang cukup curam dan berkelok. Ciri khas dari Pantai Buyutan yaitu batu-batu yang beraneka bentuk. Pada zaman dahulu dan menurut cerita penduduk setempat, yaitu batu yang berbentuk seeperti mahkota dewa. Batu ini dulunya merupakan mahkota Dewa Narada yang terjatuh ketika sedang terbang di kawasan tersebut.

Pantai Buyutan ini biasanya juga banyak digunakan para pecinta alama untuk mendirikan tenda. Karen dibibir pantai terdapat area yang cukup luas untuk mendirikan tenda. Karena tempatnya sangat mendukung, seperti sudah tersedianya sumner air tawar kecil yang bisa digunakan untuk kebutuhan memasak, minum mandi berbilas setelah bermain air laut. Ketika Anda merasa lapar tidak usah khawatir karena disekitar bibir pantai banyak yang warung-warung kecil baik menjual makanan berat dan makanan ringan. Bahkan banyak pula yang menjual kelapa muda yang sangat cocok jika di dinimati disiang hari dengan menikmati keindahan pantai. Selamat berwisata……………………