Hal Wajib yang Harus Dilakukan Mahasiswa Baru

Monday, July 3, 2017

Hai hai hai, tidak terasa ya sahabat sebentar lagi sudah memasuki tahun ajaran baru. Bagi yang baru lulus SMA dan sudah diterima di perguruan tinggi, saya ucapkan selamat dan selamat datang di dunia kampus. Selamat telah memiliki predikat baru sebagai mahasiswa/i. Nahh bagi mahasiswa baru, apalagi bagi kalian yang harus pindah ke luar kota bahkan luar negeri untuk menempuh studi kalian tentu menjadi sebuah momok menakutkan ketika harus bertemu dengan orang dan dunia baru yang sama sekali belum pernah dialami. Tidak perlu takut sahabat, sebagai seorang mahasiswa kalian harus survive segala sesuatu yang ada di kampus, namun harus tetap yang positif ya? Berikut ini merupakan hal-hal yang wajib kamu lakukan sebagai mahasiswa baru agar kamu bisa survive.
Sumber: https://ngomongbae.com
1.        Kenali Passion
Satu hal penting yang harus kamu lakukan sebagai mahasiswa baru ialah dengan mengetahui passion mu. Jika kamu sudah tahu passion mu, dengan begitu kamu tahu apa tujuanmu di sini. Dengan mengetahui tujuan segala sesuatu yang dilakukan pasti akan lebih terarah dan bermanfaat.

2.        Berkenalan dengan Banyak Orang
Lingkungan baru? Tidak perlu takut. Kamu hanya perlu menjadi orang yang humble atau mudah bergaul. Berkenalanlah dengan banyak orang sehingga kamu tidak merasa sendiri, carilah teman yang benar-benar bisa membantumu ketika mengalami kesulitan. Berkenalan tidak hanya dengan teman kelas atau kos saja, bertemanlah dengan siapa saja selagi ia tidak memberikan pengaruh negatif bagi kita.

3.        Aktif Mencari Informasi
Bagi mahasiswa baru, dunia kampus merupakan dunia baru yang tabu. Tidak perlu khawatir, karena tentu saja kampus sudah menyediakan berbagai sistem informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa tugas kita hanya memperkaya informasi tentang kampus yang belum pernah diketahui dengan sistem informasi yang sudah tersedia. Tidak hanya informasi tentang akademik, namun juga aktif dan peka terhadap lingkungan kampus. Lingkungan kampus yang satu dengan yang lainnya terkadang berbeda, jadi kita harus aktif dan peka terhadap lingkungan yang ada di sekitar kampus kita. Karena bagaimanapun juga lingkungan merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi bahkan merubah perilaku kita.

4.        Buat Planning Selama Satu Semester
Buatlah planning selama satu semester, hal ini akan membantu kamu tidak membuang waktu secara cuma-cuma. Tandai tanggal-tanggal penting untuk mengingatkan kita. Hal yang juga tidak kalah penting buatlah target-target dalam waktu dekat, seperti target IP di semester awal, tugas-tugas yang harus diselesaikan, dan sebagainya.

5.        Aktif Ikut Kegiatan Kampus
Salah satu keuntungan menjadi seorang mahasiswa ialah banyaknya kegiatan kampus yang dapat meningkatkan life skills kita. Namun tidak jarang pula mahasiswa yang tidak memanfaatkan kegiatan kampus ini secara maksimal. Sebelum terlambat, sebagai seorang mahasiswa baru sebaiknya kalian aktif dalam kegiatan kampus apa saja karena ketika nanti kalian sudah menginjak semester akhir dan tidak mengikuti kegiatan kampus apapun mungkin saja kalian akan menyesal. Satu hal yang perlu diketahui, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di kampus mungkin saja tidak dapat kita temukan di luar kampus, kalaupun ada mungkin kita tidak sebebas mengikutinya selagi masih berstatus sebagai mahasiswa. Jadi manfaatkanlah kegiatan kampus yang ada selagi masih menjadi mahasiswa.

6.        Buat Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan adalah salah satu hal yang penting dalam kehidupan seorang mahasiswa. Keuangan yang belum mandiri dan masih mendapat jatah dari orang tua terkadang membuat kita sering kekurangan dengan banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, apalagi sebagai seorang mahasiswa yang terkadang harus mementingkan prestise di depan teman-teman kita. Sekelumit nasihat dari saya, tidak perlu menjujung tinggi prestise kita di depan orang lain, cukup menjadi diri sendiri saja. Ketika kita mendapatkan jatah uang dari orang tua, sebaiknya kita perlu membuat manajemen keuangan kita sendiri agar kita mampu mengontrol pengeluaran yang tidak perlu.


Itu tadi beberapa hal-hal yang wajib dilakukan mahasiswa baru, hidup di lingkungan baru bukanlah hal yang mudah. Tetaplah menjadi diri sendiri dan lakukan kegiatan positif untuk masa depanmu sendiri. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS