Cara Membuat Judul Skripsi yang Baik dan Benar

Friday, July 7, 2017

   
   Penulisan skripsi menjadi hal yang seringkali membuat stres mahasiswa tingkat akhir. Namun seberapa besar kesulitannya, pasti akan tetap dikerjakan karena skripsi menjadi salah satu prasayarat penentu kelulusan bagi calon sarjana. Tidak jarang para pejuang skripsi yang masih berkutat pada penulisan judulnya saja. Mengapa demikian? Well, memang betul we don't judge a book by its cover, tapi hal ini ngga berlaku untuk skripsi. Judul skripsi merupakan hal pertama yang dilirik calon dosen pembimbingmu kelak. Kawan yang sedang mengerjakan skripsi, berikut beberapa cara untuk kamu membuat judul skripsi yang baik dan benar. 

1. Membuat outline/kerangka berpikir sebelum memulai pengerjaan skripsi
   Saat kalian membuat outline, judul akan lebih mudah ditarik dan diambil dari benang merah yang terdapat dari setiap bab. Kamu bisa merangkai kalimat dari setiap outline yang ada menjadi kalimat yang utuh dan padu.

2. Menggaris bawahi gagasan utama dari proposal skripsi yang diajukan
   Judul dapat merupakan ide pokok yang terdapat dalam proposal skripsi yang biasanya kalian buat sebelum menulis skripsi. Ide pokok atau gagasan utama dapat membantu prelovers untuk membuat judul skripsi yang tepat dan sesuai

3. Judul= Rumusan hipotesa
  Kalian dapat membuat judul skripsi berdasarkan pernyataan-pernyataan yang muncul sebagai hipotesa saat penulisan skrpsi. Sebagai contoh, Hipotesa: Perbedaan antara dinding sel hewan dan tumbuhan sangat signifikan. Judul skripsi yang dapat dibuat adalah “Perbedaan antara dinding sel hewan dan tumbuhan dilihat melalui…”

4. Membuat kalimat kompleks atau parafrase yang utuh, jelas namun singkat.
   Sebuah judul memang harus menarik perhatian pembaca. Namun yang tak kalah pentingnya, dalam penulisan judul skripsi harus dapat mencerminkan citra dari isi itu sendiri.

5. Banyak membaca referensi dan judul skripsi orang lain di perpustakaan
   Kalian pasti sudah tahu kalau buku adalah jendela dunia. Yap. Semua informasi dan inspirasi dapat kita peroleh dengan membaca buku. Kalian harus rajin mengasah kepekaan dalam menggunakan tata bahasa yang baik dan benar serta ilu kepenulisan. Hal ini tentu sangat berguna dalam pemilihan judul yang sesuai dengan EYD nantinya.

   Nah, setelah membaca cara-cara di atas, pasti kalian ngga bingung lagi untuk membuat judul skripi. Banyak loh, para pejuang skripsi yang sudah ditolak mentah-mentah di awal oleh pembimbing skripsi hanya karena judulnya yang kurang baik dan benar, bahkan harus merevisinya berulang kali. Jadi, jangan remehkan penulisan untuk judul skripsimu. 

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS