Tips Mengatur Waktu Tidur

Tuesday, July 4, 2017

Hai sahabat, kali ini saya akan membahas salah satu aktivitas yang menjadi favorit kebanyakan orang yaitu tidur. Tidur teratur merupakan suatu dambaan bagi sebagian orang, karena kesibukan atau aktivitas yang padat membuat sebagian orang tidak dapat merasakan tidur teratur.

Sumber gambar: http://res.cloudinary.com
Bagi kalian yang mungkin memiliki aktivitas yang padat, berikut ini merupakan beberapa tips manajemen waktu tidur:

1.        Menentukan Jam Tidur
Menentukan jam tidur merupakan langkah awal yang digunakan untuk melakukan manajemen waktu tidur kita. Untuk menentukan jam tidur, terlebih dahulu kita harus tahu pagi harinya akan memulai aktivitas jam berapa. Apabila kita harus memulai aktivitas jam 5 pagi dan tidur selama 7 jam, itu berarti kita harus mulai tidur jam 10 malam.

2.        Membuat Alarm
Untuk membuat kita bangun tepat waktu bukanlah hal yang mudah, maka kita perlu membuat alarm pada waktu dimana kita ingin bangun. Salah satu hal yang perlu diperhatikan ialah jangan sampai kita mematikan tombol alarm kita, karena percuma saja kita mematikan karena kita tidak dapat kembali tidur nyenyak setelah alarm berbunyi, maka hal terbaik yang harus dilakukan ialah cepat bangun dan membasuh muka dengan air.

3.        Perhatikan Pola Konsumsi
Sebaiknya tiga jam sebelum tidur kita tidak perlu mengonsumsi makanan berat, kita hanya perlu minum air putih. Karena makanan berat yang dikonsumsi bisa saja bereaksi saat kita menjelang tidur atau baru tertidur, sehingga hal tersebut dapat mengganggu waktu tidur kita.

4.        Membuat Ruang Tidur Kondusif
Ciptakan ruang tidurmu sekondusifmu mungkin, karena apabila kita berada di ruangan yang kondusif seperti udara yang segar, tempat yang bersih, aroma ruangan yang harum, dan sebagainya tentu akan membuat kita nyaman di tempat atau ruangan itu. Hal ini akan memudahkan kita menjadi lebih rileks sehingga cepat tertidur.

5.        Jauhi Gadget dan Sejenisnya
Salah satu hal yang menyebabkan terganggunya waktu tidur kita ialah bermain gadget dan sejenisnya menjelang tidur. Mungkin banyak orang yang tidak tahu bahaya atau dampak negatif yang dapat ditimbulkan akibat bermain gadget dan sejenisnya sebelum tidur. Untuk mengetahui apa saja dampat negatif yang dapat ditimbulkan karena bermain gadget sebelum tidur dapat dilihat di sini.

6.        Lakukan Aktivitas Saat Kesulitan Tidur
Ketika kita sudah menentukan waktu tidur, mungkin saja pada waktu itu tiba kita belum mengantuk. Tipsnya ialah ketika kita susah tertidur sebaiknya jangan hanya berbaring di tempat tidur, namun lakukanlah aktivitas lainnya karena salah satu faktor yang menyebabkan anda sulit tertidur ialah karena stres, sehingga melakukan sedikit aktivitas agaknya dapat membantu anda melupakan stres tersebut.

7.        Konsisten
                   Dari seluruh tips di atas, lakukanlah selama satu minggu secara konsisten. Karena kekonsistenan anda lah yang dapat membantu keberhasilan tips ini.


Itu tadi beberapa tips untuk memanajemen waktu tidur anda, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS