Jangan Panik Saat Kepedasan! Gunakan 7 Obat Ini Untuk Meredakannya

Monday, July 3, 2017

Banyak orang yang menyukai makanan pedas, apalagi kebanyakan masakan khas Indonesia memiiki cita rasa yang pedas dan padat akan rempah-rempah. Tak hanya orang dewasa saja yang menyukai makanan pedas, anak kecilpun tak sedikit yang menyukainya. Bahkan, ada beberapa orang yang tidak mau makan jika tidak menggunakan sambal atau cabai. Ternyata, makanan pedas dipercaya dapat menambah nafsu makan, lho. Namun, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat menyebabkan rasa panas dan terbakar di mulut serta sakit perut. Terlebih, bagi kalian yang tidak kuat dengan makanan pedas, tentunya ini merupakan masalah yang besar. Pecinta makanan pedas mungkin hanya akan merasakan kepedasan sebentar dan dapat mengatasinya dengan baik, namun bagaimana dengan orang yang tidak menyukai makanan pedas? Nah, berikut ini ada beberapa cara ampuh untuk mengatasi kepedasan. Disimak yuk.



1.   Minumlah Air Hangat

Sebagian besar orang jika kepedasan meminum air dingin untuk meredakannya. Padahal, air dingin hanya meredakan efek pedas pada mulut sesaat, dan jika rasa dingin tersebut hilang makan efek pedas akan muncul lagi bahkan anak terasa lebih terbakar. Lalu, mengapa justru saat kepedasan kita dianjurkan untuk meminum air hangat? Hal ini dikarenakan adanya senyawa yang bernama capsaicin yang dikandung makanan pedas, dan air hangat dipercaya dapat melarutkan senyawa tersebut sehingga efek pedas dapat mereda dibandingkan kita ketika meminum air dingin. Ketika kamu meminum air hangat, ujung-ujung saraf yang mengirimkan pesan ke susunan saraf pusat sampai ke otak dapat berjalan lebih lancar. Rangsangan di otak tersebut akan memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan zat yang bersifat analgesik atau penghilang rasa sakit secara alami, sehingga rasa pedas yang dirasakan pun akan berkurang dan menghilang.

2.   Taburkan Gula atau Garam di Lidah

Senyawa capsaicin ternyata dapat pula diredakan menggunakan gula ataupun garam. Menghisap gula batu di lidah dapat membantu menghilangkan efek pedas di mulut, begitupun dengan madu. Hisap gula batu selama kurang lebih 30 detik hingga rasa pedas menghiang secara perlahan. Jika tidak ada gula batu, kamu dapat menggunakan gua pasir biasa, lho. Cukup taburkan saja pada lidah, dan rasa pedas akan berangsur menghilang. Begitupun dengan garam, kamu cukup menaburkannya pada lidah pula. Fungsi dari garam yaitu menutup pori-pori lidah yang terbuka akibat kepedasan, sehingga efek pedas akan berkurang.

3.   Minumlah Susu, Yoghurt, atau Es Krim

Produk seperti susu dan yoghurt mengandung protein yang disebut kasein, dan kasein ini dipercaya dapat menghilangkan zat capsaicin yang ada di dalam makanan pedas. Maka dari itu, jika kamu merasa kepedasan segeralah minum susu untuk meredakannya. Selain itu, kamu juga bisa memakan es krim atau produk yang terbuat dari susu lainnya seperti keju, mentega, ataupun krim asam.

4.   Makanlah Roti, Nasi, atau Kentang

Banyak orang yang menambah porsi nasi saat merasa kepedasan. Nasi, roti ataupun kentang mengandung karbohidrat yang dapat menjadi penghalang menyebarnya zat capsaicin di mulut.

5.   Air Lemon

Rasa asam yang ada pada lemon ternyata dapat menetralkan rasa pedas lho. Rasa asam yang dominan diketahui dapat mengalahkan rasa pedas yang diciptakan oleh zat capsaicin. Ternyata, jeruk nipis mengandung efek alkali pada tubuh yang dapat menghilangkan rasa pedas. Cara penggunaannya sangat mudah, yaitu cukup dengan mengolekan perasan jeruk nipis pada lidah hingga rasa pedas berangsur-angsur menghilang. Tak hanya jeruk nipis, buah lainnya seperti jeruk, anggur, tomat dan nanas juga dapat membantu mengatasi kepedasan.

6.   Mentimun

Hampir semua masakan bersambal dihidangkan dengan lalapan serta irisan mentimun. Ternyata, mentimun ini memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa pedas dan panas di mulut. Kandungan air yang ada pada mentimun dapat menetralisir rasa pedas akan cabai.

7.   Selai Kacang

Selai kacang mengandung lemak yang dipercaya dapat ‘mendinginkan mulut.’ Jika kebetulan di depanmu terdapat selai kacang, kamu bisa menggunakannya sebagai pereda pedas. Kamu juga bisa mengoleskannya dengan roti.

Nah itu tadi 'obat' untuk menyembuhkan kepedasan. Ingat ya, jangan terlalu banyak memakan makanan pedas untuk menghindari permasalahan pencernaan ya.


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS