Teh Hijau, Minuman Sehat Dengan Segudang Khasiat

Thursday, June 29, 2017


Teh hijau merupakan salah satu jenis teh yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Teh hijau mengandung antioksidan alami yang sangat kuat yang disebut dengan polifenol. Antioksidan jenis ini tidak hanya membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, tetapi juga membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Tak hanya itu saja, teh hijau juga banyak mengandung vitamin C, K, A, B1, B2, protein, asam amino essensial dan mineral-mineral yang sangat diperlukan tubuh, yaitu magnesium, kalium, flour, natrium, kalsium, seng, mangan, cuprum, dan trace mineral. Saat ini, teh hijau juga  banyak ditemukan dalam berbagai bentuk, seperti makanan, minuman, hingga kosmetik yang terbuat dari ekstrak teh hijau. Dibandingkan teh biasa, teh hijau memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit. Selain itu teh hijau lebih tinggi mengandung flavonoid (fitokimia yang ditemukan dalam produk tanaman) yang memiliki sifat  antioksidatif dan anti karsinogenik. Lalu, apa saja sih manfaat bagi tubuh kita jika meminum teh hjau? Yuk simak tulisan berikut ini.



1.   Menurunkan Berat Badan

Memiliki tubuh yang gemuk terkadang membuat tidak percaya diri dalam berpenampilan. Nah, untuk membantu menurunkan berat badan, kamu dapat mengonsumsi teh hijau yang tentunya diselingi dengan makanan yang sehat, ya. Teh hijau mengandung antioksidan alami, yang dikenal dengan polifenol katekin. Salah satu jenis katekin yang terdapat pada teh hijau adalah epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG merupakan jenis katekin yang berfungsi meningkatkan  metabolisme tubuh manusia, sehingga mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori, yang pada akhirnya membantu menurunkan berat badan. Jenis katekin lain yang terdapat dalam teh hijau adalah polifenol, yang berfungsi mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh sehingga secara otomatis jumlah lemak pada tubuh akan berkurang. Teh hijau juga dapat menekan nafsu makan, sehingga cocok diminum saat sedang melakukan program diet. Untuk aturan minum teh hijau guna menurunan berat badan, sebaiknya kamu meminumnya 3-6 gelas per hari, dan jangan berlebihan ya. Jika lebih dari 6 gelas bisa menimbulkan efek samping, salah satunya gangguan pencernaan. Selain itu, teh hijau sebaiknya diminum setelah makan dengan jeda 1 jam.

2.   Mengurangi Pertumbuhan Sel Kanker

Polifenol yang terdapat dalam teh hijau akan menghambat pertumbuhan dua proteinvascular endothelial growth factor (VEGF) and the Hepatocyte growth factor (HGF), yang dikenal memicu pertumbuhan sel tumor yang banyak disebabkan oleh radiasi sinar UV. Sinar inilah yang dapat memicu timbulnya berbagai masalah di jaringan organ kita yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Maka dari itu, mengonsumsi teh hijau dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada pada tubuh kita.

3.   Mengurangi Kolesterol

Senyawa katekin yang terkandung dalam teh hijau tidak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan, namun juga mempunyai khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi secara alami. Dibandingkan jenis teh lainnya teh hijau memiliki zat antioksidan yang tinggi sehingga berkhasiat membantu menurunkan kolesterol. Teh hijau juga meningkatkan metabolisme tubuh dan memaksimalkan tingkat oksidasi lemak, sehingga dapat menjaga  kestabilan kadar kolesterol tubuh secara keseluruhan. Walaupun begitu, tetap dianjurkan untuk meminum obat penurun kolesterol ya, karena pengaruh teh hijau untuk menurunkan kolesterol cukup kecil.

4.   Mencegah Stress dan Depresi

Kita mungkin sering mengalami stres atau depresi ringan, entah itu karena masalah pekerjaan, keluarga, teman, ataupun dengan pasangan. Nah, teh hijau ini ternyata ampuh membantumu mencegah depresi, lho. Polifenol dalam teh hijau berfungsi membantu otak dengan jalan menjaga pasokan kebutuhan utamanya yakni glukosa. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa yang disebut Theanine, yakni asam amino yang memiliki efek menenangkan di otak dan membantu mengurangi stres, kecemasan serta berfungsi sebagai anti depresan.

5.   Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Teh hijau memiliki kandungan antioksidan berupa flavonoid dan polifenol yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang baik. Hal ini penting agar mencegah seseorang dari mudah jatuh sakit, serta tubuh lebih kuat dalam menangkal serangan virus dan infeksi. Kandungan vitamin C juga berperan penting dalam hal ini. Orang-orang yang mengalami sistem kekebalan tubuh yang lemah akan mudah jatuh sakit, contohnya yaitu sering terkena flu.

6.   Mengobati Penyakit Asma

Kandungan teh hijau lain yang tak kalah bermanfaat adalah senyawa teofilin. Senyawa ini berfungsi untuk membuat rileks dan mengendurkan otot-otot saluran bronkial, yang mana dapat menurunkan gejala asma, sehingga asma yang dialami tidak terlalu parah. Menurut sebuah artikel yang dilansir pada momseditor.hubpages.com, teh hijau memiliki kandungan theophylline, yakni komponen yang sering dipakai dalam obat – obatan untuk penyakit asma. Komponen ini dapat membuat otot – otot pada saluran pernafasan mengendur, serta mengurangi kemungkinan terjadi pembengkakan dan penyempitan yang mengakibatkan kambuhnya penyakit asma. Untuk mencegah asma, kamu bisa meminum teh hijau setiap hari.

7.   Menjaga Kesehatan Kulit


Banyak produk kecantikan yang menggunakan ekstrak teh hijau di dalmnya. Khasiat teh hijau sendiri bagi kulit sudah tidak diragukan lagi, mengingat teh hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya berfungsi mencegah penuaan dini. Selain itu, rutin mengonsumsi teh hijau dapat mencerahkan kulit tubuhmu, lho. Cara menggunakan teh hijau untuk kulit yaitu dengan mencampurkan 100 gram teh hijau dan setengah liter air, lalu diamkan selama 30-40 menit pada suhu kamar. Setelah itu, saring cairan dan simpan di dalam lemari es. Kamu dapat menggunakan campuran ini untuk mencuci wajah agar wajah semakin segar, mengobati luka bekas panas matahari, serta membantu menghilangkan jerawat. 

Nah, sekarang sudah tahu kan khasiat teh hijau? Minumlah teh hijau dengan porsi yang pas ya, jangan berlebihan. Terlalu banyak meminum teh hijau juga dapat berdampak pada sistem pencernaan, jadi konsumsilah sesuai takarannya ya!

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS