Goa Gong Pacitan Jawa Timur

Wednesday, July 5, 2017

 Wisata Goa Terindah Di Asia Tenggara

          Sebagai masyarakat yang mendiami Indonesia kita patut bersyukur dan berbangga, Indonesia menyimpan berbagai keindahan alam yang sangat mengagumkan. Dengan pesona yang menawarkan keindahan yang tiada duanya kita patut berbangga dan bersyukur dengan cara ikut menjaga dan selalu mengeksplor setiap hal baru ditawarkan khususnya terkait dengan keindahan alam. Beragam keindahan alam yang cukup menarik untuk dijelajahi adalah goa. Goa selalu banyak menyimpan keunikan bahkan misteri, nuansa gelap namun memberikan rasa penasaran ingin tahu. Goa tersebut adalah Goa Gong, Goa Gong terletak di desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pacitan juga disebut sebagai kota seribu satu goa, tak hanya sebagai julukan saja karena memang di Pacitan Jawa Timur banyak terdapat goa, yakni Goa Tabuhan, Goa Gong, Goa Kalak. Goa-goa tersebut sangat diperhatikan dari segi penataan dan pengembangan potensinya, khususnya wisata Goa Gong ini. Hasil dari penataan dan pengembangan potensi wisata yang baik Goa Gong kini dikenal oleh para wisatawan baik dalam maupun luar sebagai salah satu goa terindah di Asia Tenggara. Penamaan dari goa tersebut yakni berasal dari batu yang berada didalam goa apabila dipukul maka akan mengeluarkan bunyi seperti alat musik tradisional yaitu gong.
Akses Menuju Goa Gong
Akses menuju Goa Gong bisa dikatakan baik, medan yang dilalui juga tidak terlalu sulit namun harus tetap berhati-hati. Dengan titik awal keberangkatan dari Kota Pacitan maka Anda harus menuju Punung dan ikuti arah panah (plang) di samping jalan. Untuk menuju kesana tak perlu khawatir karena banyak angkutan umum. Fasilitas yang diberikan juga sudah baik seperti toilet, tempat parkir, tempat beribadah yang beragama islam (mushola). Jika Anda ingin mencari oleh-oleh maka tidak usah khawatir karena di tempat tersebut banyak yang menjual berbagai aksesoris gelang, kalung, baju, makanan khas Pacitan, batu akik dll. Ketika berkunjung ke pacitan dan ingin menginap di pacitan Anda tidak perlu bingung ingin menginap dimana. Karena disekitar tempat wisata pasti banyak penginapan Anda bisa menyewa hotel disekitaran kota Pacitan dan home stay yang berada di sekitar tempat wisata.
Keindahan Goa Gong Pacitan
Goa Gong memiliki pesona yang sungguh kaya akan keindahan stalaktit dan stalagmite. Stalaktit dan stalagmite di Goa Gong ini akan mengalami pertumbuhan memanjang melalui proses alam atau reaksi kimia antara udara dan air. Dinamakan Goa Gong karena didalamnya terdapat sebuah batu yang jika dipukul akan menimbulkan bunyi seperti Gong yang di pukul atau di tabuh. Proses pembentukan stalagmite dan stalagtit batu kapur itu sangatlah lama sampai membuatnya berupa seperti batu marmer dan Kristal. Pada zaman dahulu menurut cerita warga sering terdengar suara gamelan, termasuk bunyi gong dari dalam goa unik kan. Didalam goa tersebut juga banyak terdapat sendang, dan batu besar yang tinggi sebagai penyangga goa. Tidak perlu takut karena didalam goa terdapat penerangan, sebelum masuk kedalam goa pun juga banyak yang menawarkan jasa sewa senter jadi Anda bisa menyewanya. Selamat Berkunjung






            

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS