BANYU TIBO PACITAN

Wednesday, July 5, 2017



BANYU TIBO PACITAN
            Pacitan merupakan salah satu tempat yang mempunyai tempat wisata yang indah. Pacitan juga dikenal dengan julukan kota seribu satu goa. Tidak hanya terkenal wisata goanya namun goa gong juga terkenal wisata pantainya. Wisata pantai yang terkenal di Pacitan yaitu Pantai Klayar, tak hanya itu namun masih ada pantai Banyu Tibo yang mempunyai keunikan tersendiri. Pantai Banyu Tibo beraa di desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur letaknya diantara Jawa Timur dan Jawa Tengah sehingga pantai ini jauh dari pusat kota Pacitan. Pantai dinamakan Banyu Tibo karena pada bibir pantainya ada air yang jatuh dari atas membentuk air terjun. Bnayu Tibo artinya air jatuh, jadi penamaannya berasal dari air yang jatuh ke pantai.
            Air terjun pantai Banyu Tibo ini berasal dari sumber mata air yang berada di sekitar pantai sehingga rasa airnya tidak asin. Selain itu air terjun ini tidak pernah kering dan terus mengalir ke pantai. Rute jalan menuju pantai Banyu Tibo dari kota Pacitan ssebenarnya hampir sama dengan rute menuju pantai Klayar, bedanya ketika sampai di Punung ambil arah menuju Banyu Tibo, atau jika sudah mencapai desa Kalak jika Anda merasa bingung bisa bertanya ke penduduk setempat. Jika Anda dari arah jalan utama Pacitan-Solo terus saja hingga menemukan pasar pung. Setelah sampai pasar punung cari pertigaan masjid besar punung, kemudian ada pertigaan jika Anda dari kota Pacitan maka silahkan belok kiri, jika Anda dari Arah Solo maka Anda pilih belok kanan.
            Fasilitas yang ada di Pantai Bnayu Tibo yaitu untuk fasilitas bagi wisatawan di tepi pantai terdapat parkiran motor. Selain itu ada pula warung-warung yang menjual makanan dan minuman. Dan untuk yang suka bermain air pantai jangan khawatir, disekitaran pantai terdapat kamar mandi untuk membilas dengan air tawar yang segar. Tempat ini biasanya juga digunakan untuk camping atau mendirikan tenda namun tidak bisa mendirikan tenda di bibor pantai karena terlalu sempit.

            Waktu yang tepat jika Anda berkunjung ke Pantai Banyu Tibo yaitu ketika air laut sedang surut. Pantai ini sempit apabila ombak sedang tinggi maka tempatnya pun semakin sempit. Jadi dianjurkan apabila ingin bermain air di pantai harus memperhatikan ombaknya sedang surut atau tidak supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika Anda datang keseini jangan lupa membawa pakaian ganti jika bermain air, dan jangan lupa membawa alat dokumentasi karena pemandangannya sangat bagus. Anda juga bisa menikmati atau bisa melihat sunset yang sangat indah dijamin perjalanan Abda terbayarkan. Selamat berwisata…….

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS