Tips dan trik belanja online shopping

Friday, July 7, 2017


Belanja online. Ya! Belakangan ini masyarakat di Indonesia diramaikan dengan munculnya berbagai online shopping, berkat memanfaatkan sejumlah aplikasi yang terdapat pada smartphone Android maupun internet. Lewat berbagai aplikasi sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter dan lain-lain, para pemilik toko dapat dengan mudah memasarkan produk-produk mereka secara gratis dan memiliki jangkauan pangsa pasar yang lebih luas. Namun, selain kemudahan-kemudahan tersebut, juga terdapat dampak negatif yang diberikan seperti penipuan, dan sebagainya. Maka dari itu, diperlukan trik bagi para pembeli untuk mengantisipasi terjadinya penipuan saat belanja online shopping.

Lakukan riset mengenai keberadaan online shopping tersebut.
Hal ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana seperti bertanya kepada teman atau saudara tentang online shop tersebut. Apakah mereka pernah berbelanja di online shop tersebut. Kemudian bisa juga dengan menelusuri kelengkapan profil online shop tersebut, mulai dari alamat, produk yang dijual, testimoni pelanggan dan sebagainya.

Perhatikan foto produk secara detail.
Biasanya, pelanggan banyak yang tertipu dengan gambar. Biasanya, produk yang dijual akan tampak bagus, namun banyak juga pelanggan yang mengalami setelah membeli barang tersebut ternyata kualitasnya tidak sesuai dengan yang ada digambar. Hal ini dikarenakan efek kamera, maupun editan foto. Jadi, perhatikan dengan betul kualitas gambar dan harga yang tertera. Biasanya, harga yang relatif sedikit mahal juga menandakan kualitas barang yang bagus.

Bandingkan harga.
Bandingkan harga produk yang sama dengan lapak penjual yang berlainan. Hal ini diperlukan agar kita bisa menentukan harga yang cocok dan pas dikantong kita. Cari sebanyak-banyaknya kategori barang yang sama dengan penjual yang berbeda.

Pastikan ada garansi pengiriman barang.
Garansi pengiriman barang sangatlah penting untuk menjaga produk yang kita pesan tetap aman dan dalam keadaan utuh. Dalam pengiriman barang, mintalah nomor resi (nomor pengiriman barang) agar kita bisa terus memantau proses pengiriman barang sudah sampai mana.

Simpan bukti transaksi dan data-data pemesanan produk.

Simpan bukti transaksi dan data-data pemesanan produk agar pada suatu saat terjadi keterlambatan barang atau penipuan bukti transaksi dan data pemesanan produk itulah yang dapat kita gunakan sebagai bukti untuk melapor pada pihak yang berwenang.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS