Pantai Berbatu Krikil Keelokan Pantai Pidaan Pacitan

Wednesday, July 5, 2017

Pantai Berbatu Krikil Keelokan Pantai Pidaan Pacitan

            Pantai pidaan merupakan pantai yang terletak di dusum Godek Kulon, desa Jetak Kecamatan Tulakan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai Pidaan merupakan kawasan berkarang kecil sebelah timur kota Pacitan. Saat ini pantai pidaan sudah banyak dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan pengelolaan fasilitas-fasilitas yang ada disekitaran pantai pun sedikit demi sedikit sudah mengalami perubahan, saat ini juga sudah dibangun toilet guna untuk memudahkan wisatawan ketika membutuhkan toilet tersebut. Pun saat ini juga banyak warung-warung kecil yang mencual berbagai minuman dan makanan. Fasilitas parkir juga sangat luas, namun belum dipaving masih dalam keadaan lahan tanah. Area parkir wisata ini cukup luas dan mampu menampung puluhan kendaraan beroda empat. Disekeliling area parkir juga banyak ditemui pohon kelapa yang tumbuh cukup lebat, kondisi ini membuat suasana menjadi lebih teduh dan sedikit terhindar dari sengatan sinar matahari. Daya tarik utama yang ditawarkan pantai ini adalah pantai landau berbatu karang putih. Saat ombak sedang surut terlihat dasar karang yang banyak ditemui terumbu karang da ikan-ikan kecil yang terjebak dibebatuan hal inilah yang menjadi daya tarik pengunjung ketika bermain di Pantai Pidaan.
            Lokasi Pantai Pidaan berada disebelah Timur pusat kota Kabupaten Pacitan. Rute menuju pantai ini dari pusat kota Pacitan kearah timur melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) pulau Jawa. Posisi pantai ini berada di sebelah barat dar Pantai Soge, bila kendaraan yang digunakan tiba di Pantai Soge dipersilahkan berputar arah. Perhatikan siis kanan jalan dan carilah papan petunjuk menuju arah ke Pantai Pidaan. Gang masuk menuju Pantai Pidaan dilewati kendaraan hingga beroda empat. Memasuki gerbang masuk kawasan Pantai Pidaan, pengunjung ditarik retribusi masuk yang dikelola masayarakat setempat. Jalan menuju Pantai Pidaan pun sudah beraspal jadi tidak usah terlalu takut dengan medannya. Memasuki kawasan Pantai Pidaan ini dari atas jalan pengujung langsung disambut dengan barisan pohon kelapa yang melambai-lambai jika terkena angin. Deburan ombak pun terlihat jelas bila pengunjung melihat ke arah dari tepi jalan.
            Kondisi pantai pidaan digolongkan sebagai pantai yang sangat alami dan belum mengalami perubahan akibat campur tangan manusia. Ciri khas dari pantai ini yakni adanya material yang ada di tepi pantai berupa bebatuan alam seukuran kerikil berwarna putih. Jumlah dari bebatuan kerikil tersebut cukup banyak dan hampir memmenuhi seluruh garis pantai tersebut. Ukuran batu kerikilnya oun juga bermacam-macam, keseluran pantai ini merupakan pantai landau tanpa ada tebing karang atau bukit yang membatasinya. Jika Anda menyukai pantai yang berpasir pantai ini tidak menjadikan rekomendasi, tidak usah khawatir karena tidak jauh dari pantai pidaan  masih ada pantai yang bagus yaitu Pantai Soge dan Pantai Pidaan.

            Pantai Pidaan biasanya ramai dikunjungi ketika liburan tiba dan ketika ada sebuah acara. Sedangkan untuk hari-hari biasa masih terlihat sepi. Warga setempat memulai aktivitasnya pada hari-hari biasa yaitu mencari rumput laut disela-sela batu karang, dan biasanya juga banyak pemancing di tepi laut. Jika Anda  tertarik silahkan kunjungi dan buktikan sendiri bahwa Pantai Pidaan memang sangat bagus.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS