6 Tradisi Unik Lebaran di Indonesia

Wednesday, July 5, 2017

Indonesia kaya akan berbagai tradisi dan budaya. Pada hari raya umat Islam yaitu Idul Fitri, Indonesia memiliki berbagai tradisi unik khas Lebaran sebagai warisan budaya secara turun temurun. Berikut tradisi unik khas Lebaran di Indonesia.

1. Takbir Keliling

Kumandang Takbir di malam Lebaran merupakan suatu keharusan bagi kaum Muslim untuk menyambut hari kemenangan setelah berpuasa satu bulan penuh. Nah, di Indonesia sendiri banyak yang melakukan takbir keliling, biasanya hanya keliling beberapa desa. Takbir keliling ini biasanya menggunakan kendaraan ataupun sekadar berjalan kaki beramai-ramai sambil memegang obor.

2. Mudik

Mudik atau pulang kampung sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang hidup diperantauan atau kota-kota besar untuk mengunjungi sanak-saudara yang ada di desa. Mudik menjadi agenda tahunan bagi masyarakat Indonesia, karena saat libur Lebaran adalah libur yang paling panjang. Jadi, inilah waktu sangat tepat untuk mengunjungi sanak-saudara dan keluarga.

3. Ketupat

Entah dari mana asal-usulnya, Hari Raya Idul Fitri pasti identik dengan ketupat. Biasanya, menu ketupat selalu tersaji di meja makan sebagai hidangan khas lebaran. Ketupat biasanya dimakan dengan opor ayam, rendang daging, semur dan kerupuk udang.

4. Halal Bi Halal

Halal bi halal adalah hal yang wajib kita lakukan saat hari raya Idul Fitri. Halal bi halah ini merupakan istilah lain dari mengunjungi sanak-saudara, keluarga, teman, maupun tetangga untuk bermaaf-maafan.

5. Baju Baru

Tradisi memakai baju baru saat lebaran sebenarnnya merupakan simbol hari kemenangan dimana kita kembali suci seperti bayi yang baru dilahirkan. Karena itu, tradisi memakai baju baru ini ada di Indonesia. Namun, hal ini tentu hanya sebatas tradisi dan jangan sampai kita mencederai makna hari kemenangan kita dengan tradisi semacam ini.

6. Ziarah Makam

Sebagai pemaknaan dari hari yang Fitri, biasanya setelah salat Idul Fitri, umat Muslim berbondong-bondong pergi ke makam leluhur untuk mendoakan arwah mereka. Karena hari Raya Idul Fitri merupakan waktu yang terbaik untuk melaksanakannya.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS