Yang Perlu Anda Lakukan Ketika di Unfollow pada Media Sosial

Monday, June 19, 2017


Di-unfollow atau tidak diikuti lagi dalam pertemanan di akun media sosial adalah hal yang sudah biasa terjadi. Namun, hal tersebut dapat saja membuat Anda bingung serta tidak mengerti apa alasan teman anda meng-unfollow akun anda. Sebelum Anda berpikir buruk tentang orang-orang yang unfollow akun Instagram atau media sosial Anda lainnya, ada baiknya ketahui alasannya terlebih dahulu.

Ada banyak alasan untuk seseorang unfollow teman sendiri. Barangkali media sosial milik teman Anda tersebut sedang error atau bermasalah, teman sedang memiliki masalah dengan Anda, teman tidak menyukai Anda, Anda terlalu banyak mengunggah foto atau status, post Anda di timeline menyinggung perasaan teman, bahkan mungkin saja teman follow Anda lalu unfollow hanya agar ia terlihat hits. Lalu, apa langkah yang harus Anda lakukan saat di-unfollow teman sendiri?
1. Bercermin Diri
   Ada baiknya Anda bercermin diri terlebih dahulu. Seperti apa sikap dan tutur kata Anda selama di media sosial? Mungkin saja, saat Anda berkomentar, ada perkataan yang menurut teman Anda kasar. Atau, mungkin Anda selalu menjadikan dia bahan lelucon di kolom komentar. Bisa juga saat teman mencoba mengirim pesan, Anda terkesan cuek atau tidak ramah dan ada kesalah-pahaman antara Anda dan teman.

2. Tanya Langsung
   Daripada Anda berprasangka buruk, lebih baik tanyakan langsung ke teman Anda mengenai hal ini. Dengan begini, Anda bisa meluruskan kesalah-pahaman sekaligus meminta maaf. Mungkin, kalian tak akan saling follow lagi di media sosial, yang terpenting hubungan pertemanan di dunia nyata tidak terusik.

3. Jangan Impulsif Balas Unfollow
   Jangan langsung terbawa emosi untuk bertindak gegabah karena kesal atau bahkan memiliki pemikiran bahwa Anda juga dapat melakukan hal sepertinya. Berpikirlah dewasa bahwa jika Anda melakukan hal sepertinya berarti Anda sama halnya dengan dia. Lagipula, dengan balas unfollow, masalah utama antara Anda dan teman Anda tetap menjadi tanda tanya kan?

4. Crosscheck Landas Pertemanan
   Banyak orang yang ‘mengoleksi’ teman di akun media sosialnya, agar disangka anak gaul yang punya banyak teman. Nah, untuk teman yang unfollow Anda ini, coba ingat-ingat landasan pertemanan Anda bersamanya. Apakah Anda teman satu sekolah atau satu kantor? Sering nongkrong bareng? Punya hobi sama? Kalau kesamaan Anda dan dia hanyalah kenal satu teman yang sama, Anda tak perlu risau jika dia unfollow Anda. Kalian tidak begitu berteman baik kan?

5. Cek Timeline Sendiri
   Kalau Anda merasa tak pernah berkomentar buruk tentang teman Anda, mungkin alasannya ada pada timeline Anda sendiri. Periksa postingan-postingan Anda deh. Apakah Anda sering sekali mengunggak foto selfie? Atau, mungkin Anda terlalu sering mengikuti kuis dan memenuhi timeline dengan banner promo. Bisa juga timeline Anda kurang menarik dan tak sesuai dengan hobinya, misalnya Anda penggemar klub sepakbole Arsenal, sementara teman Anda penggemar Manchester United. Tidak klop kan?

Sejujurnya Anda tidak perlu merisaukan masalah kehilangan followers di media sosial, karena masih banyak hal yang lebih penting di dunia ini dibandingkan dari sekedar eksistensi di dunia maya. Semoga tulisan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS