Fakta tentang Sunscreen dan Tanning bagi Kesehatan Kulit Anda

Monday, June 19, 2017

Sunscreen yang ada dipasaran

    Ada banyak sekali nyawa yang telah hilang diakibatkan karena kanker. Salah satu jenis kanker yang paling berbahaya yaitu kanker kulit. Mengapa? Karena kulit merupakan anggota tubuh terluar yang mudah sekali terpapar benda lain salah satunya sinar matahari. Menurut Meg Watson, seorang epidermatologis di CDC’s Division of Cancer Prevention and Control dan Dawn Holman, seorang ilmuwan behavioral di CDC, penyakit kanker kulit seringkali muncul pada bagian wajah atau kepala. Karena itulah kenapa sunscreen disarankan untuk diaplikasikan untuk melindungi kulit. Dan berikut adalah fakta tentang sunscreen dan tanning yang perlu Anda tahu.
Barikut ini fakta tentang sunscreen yang harus anda ketahui:
1. Sunscreen Spray Seharusnya Dihindari
   Fakta tentang sunscreen dan tanning pertama menyatakan bahwa sebagian orang berpandangan jika sunscreen spray lebih nyaman dipakai dan tidak lengket. Namun jenis sunscreen ini adalah tipe terburuk dan tidak baik untuk kesehatan untuk 2 alasan. Pertama, menurut Environmental Working Group (EWG), ada semacam kekhawatiran jika spray ini dapat meningkatkan risiko pernapasan serius. Pada intinya, bahan kimia yang terkandung dalam sunscreen tidak dimaksudkan untuk dihirup hingga masuk pada organ paru-paru. Ini menjadi hal mustahil untuk dihindari saat mengaplikasikan sunscreen spray. Alasan kedua adalah EWG mengungkapkan jika pengaplikasian sunscreen spray pada tubuh bisa saja tidak merata dan usaha Anda untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV pun menjadi tidak efektif lagi.

2. Ketagihan Tanning Adalah Isu Nyata
   Menurut The Skin Cancer Foundation, orang yang terlalu sering melakukan tanning menunjukan tanda-tanda ketergantungan secara fisik dan psikologi. Ketika ‘sesuatu’ benda atau produk menyebabkan ketergantungan fisik, mengulangi penggunaan ‘sesuatu’ tersebut dapat menyebabkakan tanda meningkatnya gejala candu dan ketagihan.

3. Sunscreen Dengan ‘Broad Spectrum’ Dapat Melindungi Kulit Untuk Melawan Sinar UVA Dan UVB
   Seperti yang diungkapkan oleh The Skin Cancer Foundation, UVB adalah penyebab utama dibalik sunburn. Sedangkan sinar UVA dapat menembus lapisan kulit terdalam, dan ini dikait-kaitkan dengan keriput, kulit bergelambir dan berimbas pada munculnya tanda-tanda penuaan dini.

4. Anda Tidak Membutuhkan SPF Lebih Tinggi Dari 50+
   EWG mengungkapkan fakta tentang sunscreen bahwa sunscreen dengan SPF 70 atau 110 mungkin saja dapat melindungi Anda melawan sunburn, tetapi juga dapat membuat kulit Anda terpapar  sinar UVA yang berbahaya. Meskipun SPF memiliki arti Sun Protection Factor, namun angka ini mengacu pada perlindungan untuk melawan radiasi sinar UVB yang dapat membakar kulit. Namun tidak memberitahu Anda tentang faktor perlindungan untuk melawan sinar UVA yang dapat mempercepat proses penuaan kulit dan memicu kanker kulit.

5. Hindari Sunscreen yang Mengandung Oxybenzone
   Hampir separuh sunscreen (dan beberapa kosmetik) mengandung oxybenzone. Menurut EWG, bahan kimia ini dapat menembus kulit dan masuk dalam aliran darah. Selanjutnya, ia akan beraksi seperti estrogen dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan reaksi alergi dan berbahaya untuk kesehatan karena dapat memunculkan masalah endometriosis pada wanita dan rendahnya jumlah sperma pada pria.

6. Waktu Kadaluarsa Sunscreen
   Fakta tentang sunscreen selanjutnya menyarankan Anda untuk selalu memeriksa waktu kadaluarsa dari sunscreen yang Anda gunakan. Hal ini disebabkan karena sunscreen mulai kehilangan kekuatan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari saat bahan-bahan yang digunakan mulai terpisah, berubah teksturnya seperti berpasir, atau berubah bentuk fisiknya.

    Dengan mengetahui fakta tentang sunscreen dan tanning di atas, kini Anda tahu bagaimana cara untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang dapat menyebabkan masalah kanker kulit sekaligus memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Untuk itu, pakailah produk sunscreen yang tidak kadaluarsa, memiliki broad-spectrum, dan dengan level SPF 30 – 50+.

Baca Juga: https://journal.sociolla.com/mitos-dan-fakta-sunscreen/

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS