7 Manfaat Tersembunyi Ampas Kopi Yang Wajib Kamu Ketahui

Sunday, June 18, 2017


Kopi, merupakan minuman yang digilai oleh banyak orang. Selain mempunyai banyak manfaat, kopi memiliki cita rasa yang bervariasi, mulai dari yang benar-benar pahit hingga yang memiliki sedikit kadar pahit. Setelah meminum kopi, biasanya orang-orang akan langsung membuang ampasnya. Padahal, ampas kopi ini memiliki segudang manfaat lho, terutama bagi kulit wajah. Banyak produk kecantikan yang menggunakan ampas kopi sebagai bahan dasar pembuatannya. Hasilnya? Tentu tidak diragukan lagi, sebab ampas kopi benar-benar terbukti dapat merawat kulit wajah dengan baik. Ingin tahu apa saja manfaat ampas kopi bagi kulit wajah? Yuk simak tulisan berikut ini:

1.   Mengatasi Kulit Kusam

Terlalu banyak beraktifitas di luar ruangan dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Bagi kalian yang memiliki kulit kusam, jangan khawatir, sebab ampas kopi ternyata memiliki kandungan antioksidan juga. Nah, zat antioksidan ini yang dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah yang disebabkan oleh radikal bebas. Dengan ampas kopi, kulit kusammu dapat berubah menjadi lebih cerah, terlebih jika kamu rutin menggunakannya. Selain itu, ampas kopi cocok digunakan oleh semua jenis kulit, lho. Lalu, bagaimana cara menggunakan ampas kopi untuk mengatasi kulit kusam? Campur ampas kopi dengan minyak zaitun dan bubuk bengkoang (kalau ada), lalu oleskan pada wajah secara merata. Diamkan selama 15-20 menit lalu bilas wajah menggunakan air dingin. Kalian juga dapat mencoba menggunakan bubuk kopi, caranya yaitu campurkan 3 sendok makan bubuk kopi dengan satu gelas susu cair segar. Oleskan campuran tersebut pada wajah hingga ke bagian leher. Lakukan pemijatan dengan gerakan memutar, dan diamkan selama 15-20 menit. Jika sudah selesai, bilas menggunakan air dingin.

2.   Menghaluskan Kulit

Selain sebagai masker, ampas kopi dapat digunakan sebagai scrub wajah, sehingga kulit wajah menjadi lebih halus dan lembut. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ampas kopi dapat mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit wajah tak hanya menjadi lebih cerah namun juga lebih halus dan kenyal. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mengoleskan ampas kopi secara merata ke seluruh wajah, lalu diamkan selama 20 menit. Jika kamu menginginkan adanya campuran, cukup tambahkan garam laut dan juga minyak kelapa untuk memberikan efek kencang pada kulit wajah.

3.   Mengatasi Jerawat

Scrub ampas kopi tak hanya membuat wajah menjadi lebih halus, namun juga mengatasi jerawat maupun bekas jerawat yanga da di kulit wajah. Ampas kopi dapat membuat jerawat lebih cepat kering sehingga terhindar dari masalah peradangan jerawat. Selain berguna untuk mengatasi jerawat, ampas kopi dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya sama seperti cara sebelumnya, yakni oleskan ampas kopi secara merata ke seluruh wajah, lalu diamkan selama 20 menit. Lakukan sambil dipijat-pijat atau digosokkan secara lembut pada wajah. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, gunakan scrub ampas kopi secara rutin 2-3 kali seminggu. Scrub ampas kopi ini tidak memiliki efek samping yang berbahaya sehingga aman digunakan secara rutin.

4.   Mengatasi Masalah Komedo

Komedo merupakan gangguan pada wajah berupa bintik-bintik hitam di area sekitar hidung yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih. Timbulnya komedo memang tidak berbahaya, namun dapat menganggu penampilan kita. Untuk mengatasi komedo yaitu campurkan 5 sendok makan ampas kopi atau seperlunya dengan air hangat, lalu aduk secara merata hingga membentuk adonan pasta. Oleskan pasta tersebut pada area yang terdapat komedo, dan biarkan sampai kering. Jika sudah kering, bilas menggunaan air bersih.

5.   Mengatasi Kulit Berminyak

Bagi kalian yang mempunyai wajah berminyak, ternyata ampas kopi dapat mengatasi produksi minyak yang berlebih pada wajahmu, lho. Minyak berlebih merupakan salah satu penyebab timbulnya jerawat dan komedo. Maka dari itu untuk menghindari timbulnya jerawat dan komedo, kamu bisa gunakan masker ampas kopi. Masker ampas kopi ini dapat mengontrol produksi minyak pada wajah, sehingga resiko munculnya jerawat dan komedo pada wajah dapat berkurang.  Jangan lupa gunakan secara rutin untuk hasil yang sempurna, ya.

6.   Mengencangkan Kulit Wajah

Bagi kamu yang ingin mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini pada kulit wajah, kamu bisa gunakan masker ampas kopi untuk mengatasinya. Di dalam kopi dan ampas kopi terkandung kafein yang tinggi yang dikenal pula dengan sebutan diuretik. Zat inilah yang bisa mengatasi masalah kulit yang mengendur dan mencegah tanda penuaan dini. Bagaimana cara menggunakannya? Cukup campurkan ampas kopi dengan garam laut dan minyak kelapa, lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker wajah. Kamu juga bisa menggunakan alternatif masker ampas kopi lain yaitu campuran ampas kopi dengan putih telur. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Jika sudah selesai, jangan lupa bilas dengan air bersih ya. Untuk kulit yang lebih kencang secara maksimal, kamu bisa gunakan masker ini 3-4 kali seminggu. Menggunakannya secara rutin dapat membantu agar wajah terlihat lebih kencang  dan terhindar dari keriput, garis halus ataupun selulit.

7.   Memudarkan Mata Panda

Kafein yang terkandung di dalam kopi dipercaya dapat mengencangkan kulit dan menghilangkan lingkaran hitam di mata. Kopi juga memiliki sifat anti-inflamasi atau dapat menyembuhkan bengkak, maka dari itu kopi juga bisa mengatasi kantung mata yang menebal. Cara menggunakannya sangat mudah, yaitu cukup dengan mencampurkan ampas kopi, minyak kelapa dan sedikit lada hitam dengan air secukupnya, lalu oleskan pada bawah mata, dan diamkan selama 15 menit. Jika sudah selesai janga lupa basuh menggunakan air bersih.

Nah, setelah membaca artikel ini jangan langsung membuang ampas kopi ya. Kamu bisa memanfaatkan ampas kopi sesuai dengan tulisan di atas. Selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS