Aktivitas Sehari-hari yang Tanpa Disadari Dapat Menyehatkan Tubuh

Friday, June 23, 2017

Pernah dengar pepatah sehat itu mahal. Yaa sepertinya pepatah itu memang sudah tidak dapat terbantahkan lagi. Setiap orang pasti mendambakan hidup sehat, tidak jarang dari mereka yang rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit hanya untuk mengembalikan kesehatannya. Sebenarnya kita tetap bisa menjaga kesehatan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal, yaitu dengan pola hidup yang sehat seperti makan yang sehat dan rajin berolahraga. Namun bagi sebagian orang hal tersebut merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Tapi tahukan anda? Ternyata dari aktivitas sehari-hari yang kita lakukan, tanpa disadari juga dapat menyehatkan tubuh. Berikut ini merupakan beberapa aktivitas sehari-hari yang tanpa disadari dapat menyehatkan tubuh anda:

1.        Berjalan Kaki
Sumber Gambar: https://lifestyle.sindonews.com
Di era globalisasi seperti saat ini, sulit sekali rasanya menemukan orang yang berjalan kaki untuk melakukan segala aktivitasnya khususnya di Indonesia. Padahal berjalan kaki ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya ialah mencegah osteoporosis; menyehatkan jantung; menjaga kebugaran; meningkatkan sistem pernafasan; menjaga kestabilan tekanan darah; mencegah dimensia (penyakit yang ditandai dengan menurunnya fungsi otak yang kebanyakan menyerang orang tua); pondasi untuk hidup sehat; meningkatkan sistem imun (kekebalan tubuh); meningkatkan vitamin D untuk tubuh; tidur menjadi lebih berkualitas; refleksi tubuh; sebagai yoga kaki; dan masih banyak lagi.

2.        Mandi Sebelum Subuh
Sumber gambar: http://www.rumahkeluargaindonesia.com
Aktivitas ini sepertinya menjadi aktivitas yang cukup sulit untuk dilakukan, karena kebanyakan orang masih tertidur lelap pada waktu ini. Sekalipun tidak tertidur, kebanyakan dari mereka pasti menganggap pada waktu ini suhu sedang sangat dingin sehingga tidak memungkinkan untuk mandi. Namun, tanpa disadari mandi sebelum subuh ternyata memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh, diantaranya ialah membuat awet muda; membantu mencegah hipertensi; meningkatkan mood; membantu meningkatkan sel darah putih, manfaat sel darah putih bagi tubuh sendiri ialah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari bakteri dan virus yang menyerang sehingga tidak mudah terkena penyakit; membantu menurunkan berat badan; membuat tubuh lebih bugar; membantu memperlancar metobolisme tubuh yang membuat kita menjadi lebih aktif di keesokan harinya; meredakan depresi; menyehatkan rambut; dan masih banyak lagi.

3.        Tersenyum
Sumber gambar: http://www.ummi-online.com
Menurut penelitian, tersenyum merupakan salah satu aktivitas sederhana yang dapat menyehatkan tubuh. Dengan tersenyum peredaran darah kita menjadi lancar, sehingga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu, tersenyum juga memberikan dampak yang baik bagi otak karena dengan tersenyum dapat memberikan dopamin. Fakta lainnya yang mungkin sering anda dengar yaitu bahwa tersenyum dapat membuat kita menjadi lebih awet muda.

4.        Mendengarkan Musik
Sumber gambar: http://klikbekasi.co
Bagi sebagian orang mendengarkan musik merupakan salah satu pelarian ketika kita sedang merasa bosan atau stres dengan pekerjaan dan lainnya. Namun tanpa disadari ternyata mendengarkan musik juga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan kita. Mendengarkan musik dapat mengubah suhu kulit, pola gelombang otak, dan tingkat tekanan hormon di aliran darah menjadi lebih baik. Dengan mendengarkan musik kita dapat merasa tenang, hal ini terjadi karena musik dapat memperlambat irama nafas kita sehingga dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Ketika mendengarkan musik tanpa disadari kita juga biasanya ikut bernyanyi atau bersenandung, dengan bersenandung itu sama halnya dengan mengurut tubuh dari dalam ke luar tubuh.

5.        Tertawa
Sumber gambar: http://sharingdisini.com
Aktivitas tertawa rupanya bukan lagi menjadi hal yang asing yang kita ketahui karena dapat menyehatkan tubuh. Tertawa rupanya telah menjadi salah satu kegiatan dalam internal jogging. Tertawa mampu memberikan sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Dengan tertawa dapat mengurasi resiko penyakit-penyakit syaraf, hal ini terjadi karena kinerja otak dan sistem syaraf akan mejadi lebih baik ketika kita tertawa.

6.        Beribadah
Sumber gambar: http://www.ummi-online.com
Beribadah merupakan salah satu kewajiban yang dilakukan oleh seluruh umat beragama. Tanpa disadari juga beribadah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, di antaranya ialah memberikan kesempatan istirahat kepada alat pencernaan; membersihkan tubuh dari racun atau kotoran; menambah jumlah sel darah putih; menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh; meremajakan fungsi hormon dan meremajakan sel-sel tubuh; serta meningkatkan fungsi organ tubuh. Selain manfaat di atas, manfaat lainnya ialah dapat meningkatkan kesehatan kita secara psikis.

7.        Rekreasi
Sumber gambar: http://bisniswisata.co.id
Sering mendengar atau melihat orang-orang mengatakan “butuh piknik”? Yaa piknik atau rekreasi ini merupakan dambaan bagi setiap orang, namun tidak setiap orang dapat merasakannya karena kesibukan masing-masing. Padahal rekreasi ini memiliki banyak manfaat lho, salah satunya bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat rekreasi bagi kesehatan manusia diantaranya ialah dapat melepas ketegangan dan stres, hal ini terjadi karena dengan rekreasi dapat menurunkan perasaan tekanan seseorang dan stres yang dirasakan secara signifikan. Selain itu, adanya rasa senang dan bahagia juga meningkatkan produktivitas kerja kita.


Itu tadi beberapa aktivitas keseharian yang biasa dilakukan yang juga tanpa disadari memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, sehat itu tidak mahal jika kita mau mencegahnya dan memulainya dari sekarang. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS