Wednesday, July 5, 2017

Yuk Liburan ke Pantai Taman Pacitan

            Liburan telah tiba, saatnya mulai merefresh otak dan saatnya melanjutkan petualangan. Rekomendasi untuk wisatawan pecinta pantai bisa mengunjungi Pantai Taman. Pantai Taman terletak di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Pacitan. Akses menuju Pantai Taman ini sudah sangat bagus, bisa dilalui mobil hingga bus bus besar. Tiket masuk ke Pantai Taman cukup terjangkau cukup Rp 5.000 / orang. Pantai Taman Pacitan ini memiliki gars pantai yang panjang. Ombak panati tidak terlalu besar, sehingga bsa untuk main air atau sekedar menkmati pemandangan indah disekitar pantai. Keunikan dari pantai ini yaitu memiliki suasana pantai yang indah, dan ada atraksi menarik lainya yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu ada kolam renang, konservasi penyu dan yang paling seru adalah wahana Flaying fox.

Konservasi Penyu
            Pantai Taman merupakan salah satu kawasan yang sering digunakan penyu untuk bertelur. Terdapat beberapa spesies penyu yang sering bertelur dikawasan ini adalah penyu sisik, penyu hijau, penyu belimbing dan juga penyu abu-abu. Menurut masyarakat yang berada disekitar pantai, datangnya penyu tidak bisa ditebak kapan penyu akan datang ke pantai dan bertelur. Setelah bertelur di panatai, penyu-penyu ini kan kembali ke perairan dimana mereka mencari makan. Oleh masyarakat sekitar, telur-telur penyu ini akan dipindahkan ke lokasi penetasan. Dubtuhkan waktu kurang lebih 54 hari hingga telur menetas. Anak penyu kemudian dipelihara terlebih dahulu sebelum di lepaskan kelaut.
            Dalam pelepasan penyu, tak semua penyu dilepaskan ke laut. Namun ada beberapa yang sengaja dipelihara oleh masyarakat agar bisa dilihat dan juga dipelajari oleh masayarakat setempat juga pengunjung untuk menumbuhkan rasa sayang terhadap penyu dan mengajak lebih banyak orang untuk melestarikan penyu. Dari keempat jenis penyu yang sering bertelur di pantai ini, penyu belimbing adalah jenis yang paling langka dan termasuk penyu raksasa yang masih hidup hingga kini. Di Pantai Taman ini pihak pengelola memberikan kesempatan kepada para pengunjung untuk memberi makan penyu dan sekaligus bisa berfoto bersama.

                                                                Flying Fox
Keunikan dari Pantai ini yakni adanya wahana flying fox dan meruapakn flaying fox terpanjang di Indonesia dengan lintasan 415 meter, ketinggian 74 meter dan kecepatan luncur 50 km/jam, hanya dibutuhkan waktu 30 detik untuk meluncur di flaying fox luar biasa bukan?. Dari ketinggian 74 meter, selain memacu adrenalin pengunjung juga disuguhkan pemandangan yang sangat menawan. Untuk naik wahana ini, kamu harus membayar Rp 30.000 / orang.

Fasilitas
Wisata Pantai Taman Pacitan memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan diantaranya sebagai berikut; area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi/MCK, tempat istirahat, rumah makan, hotel, permainan falying fox.

Saran dan Tips

Saran ketika Anda ingin berkunjung di pantai pacitan, yang perlu anda persiapkan adalah membawa bekal seperti air minum, dan kebutuhan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti alat dokumentasi. Jangan lupa pula untuk membawa perlengkapan kesehatan(contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptic) Dan selalu siapkan fisik dan kendaraan Anada supaya liburan Anda berjalan dengan lancar. Selamat berwisata

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS