Wisata Bersejarah Monumen Jendral Sudirman Pacitan

Thursday, July 6, 2017

Wisata Bersejarah Monumen Jendral Sudirman Pacitan

          Pacitan merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak potensi wisata seperti pantai, goa bahkan tempat-tempat bersejarah. Salah satunya yaitu Monumen Jendral Sudirman. Monument Jendral Sudirman merupakan salah satu tempa wisata yang bersejarah di Kabupaten Pacitan. Monumen ini dibangun untuk mengenang dan menjadi saksi gigihnya perjuangan salah satu Jendral Besar Indonesia yaitu Jendran Sudirman. Monumen Jendral Sudirman terletak di Sobo, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan Jawa Timur Indonesia.  Lokasi Monumen Jendral Sudirman kurang lebih sekitar 34 km dari pusat kota Pacitan. Patung Jendral Sudirman berdiri tegak kokoh setinggi 8 meter.  Selain patung yang berdiri kokoh tersebut masih banyak lagi peninggalan bersejarah dilokasi Monumen seperti sebuah rumah yang dahulu menjadi markas sang Jendral saat melakukan perjuangan gerilya melawan penjajah. Rumah ini dahulu ditempati beliau selama 107, sejak April 1949 s/d 7 juli 1949 kompleks monumen Jendral Sudirman juga dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti perpustakaan, ruang resepsionis, ruang audio visual, pasar seni, dan lapangan. Ketika Anda berkunjung pasti akan disuguhi diorama perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia sampai pengkuan kedaulatan Indonesia pada anggal 27 Desember 1949 oleh Belanda.
            
Di lokasi monumen Anda juga bisa menyaksikan relif yang terbuat dari perunggu yang menggambarkanperjalan hidup dan perjuangan Jendral Besar Sudirman. Relief tersebut menceritakan Jendral Sudirman saat kecil hingga akhir usia Jendral Sudirman. Masa kelahiran, mengaji, sekolah, kepanduan, menjadi anggota Peta memimpin gerilya hingga meninggal semua terceritakan di relief ini.

            Sebelum memasukki monument Anda pasti melewati 8 gerbang provinsi pada tahun 1948-1949. Pada masing-masing gerbang terdapat motivasi yang tertulis digerbang, salah satunya motivasi yang berbunyi “walau dengan satu paru-paru dan ditandu pantang menyerah”. Untuk mencapai monument Jendral Sudirman kita harus melewati tiga jalur berundak, dengan jumpal anak tanggak tiap jalurnya adalah 45, 8, dan 17. Jumlah anak tangga tersebut cerminan dari tanggal bulan dan tahun kemerdekaan Republim Indonesia. Patung Jendral Sudirman ini berdiri kokoh diatas tanah seluas 97,831 meter persegi.

Untuk menuju ke tempat ini Anda harus melewati jalan yang berkelok khas pegunungan Pacitan ditambah nuansa dingin nan sejuk. Saa perjalanan kesana Anda pasti akan menikmati pemandangan yang sangat indah. Mari kita mengenang perjuangan salah satu pahlawan Besar kita dengan mengunjungi Monumen Jendral Sudirman tersebut.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS