Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok Ditanam Di Daerah Tropis

Saturday, July 8, 2017

Kalian suka tanaman hias? Saya yakin semua orang menyukainya, karena tanaman ini memiliki keindahan yang dapat mempercantik rumah anda. Tapi kok baru ditanam sebentar sudah mati? Yaa, ini dia. Mungkin anda memilih tanaman yang tidak cocok tumbuh di daerah tropis. Lalu tanaman apa yang cocok tumbuh di daerah tropis? Nahh ini dia beberapa tanaman yang direkomendasikan untuk anda tanam. Khususnya bagi masyarakat Indonesia yang notabennya beriklim tropis.

1.        Euphorbia
Sumber gambar: https://flowerian.com
Tanaman yang memiliki warna mencolok ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya. Bagi anda yang sibuk dan tidak dapat merawatnya secara intens tentu saja tidak perlu khawatir, karena tanaman yang satu ini hanya memerlukan perawatan sederhana. Untuk merawat euphorbia ini anda hanya perlu meletakkannya di bawah sinar matahari langsung dan meniramnya sesekali saja. Jenis bung seperti ini sangat tidak cocok tumbuh apabila anda meletakkannya jauh dari jangkauan sinar matahari.

2.        Kaktus
Sumber gambar: https://www.merdeka.com
Ketika mendengar nama kaktus, yang pertama kali terbesit di pikiran anda adalah padang pasir. Yaa benar, padang pasir yang terkenal dengan tanahnya yang tandus dan panas tentu sangat cocok dengan jenis tanaman yang satu ini. Kaktus sendiri terdiri dari beberapa jenis, namun jika anda tertarik untuk merawatnya sebagai tanaman hias di halaman rumah atau ruang tamu rumah anda tentu sangat bisa. Karena saat ini sudah terdapat banyak tanaman kaktus yang di bonsai yang membuatnya semakin imut dan cantik. Untuk perawatannya sendiri, anda hanya perlu menyiramnya sesekali saja namun lebih baik jika meletakkannya di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung.

3.       Portulaca
Sumber gambar: http://tanamtanaman.com
Portulaca atau yang lebih familiar di masyarakat dengan sebutan bunga pukul 9 merupakan tanaman yang tumbuh secara menyamping, tinggi tanaman ini tidak lebih dari 30 cm. Disebut sebagai bunga pukul 9 karena jenis tanaman ini memiliki keunikan, pada masa perbungaan bunga ini hanya akan mekar pada pukul 9 dan akan kembali menutup pada menjelang sore. Jika anda memilih portulaca sebagai tanaman hias untuk rumah anda, tentu saja bukan pilihan yang salah. Bunga yang cantik dan harga yang cukup murah dapat menjadi rekomendasi untuk mengisi halaman rumah anda.

4.        Kamboja
Sumber gambar: http://pesonataman.com
Saat ini kamboja merupakan salah satu pilihan tanaman yang cukup banyak dicari masyarakat untuk mengisi halaman rumah mereka, walaupun dahulu tanaman ini sangat identik dengan pemakaman. Karena bentuk dan bunganya yang cantik, seiring berjalannya waktu, tanaman ini banyak dibudidayakan untuk dapat ditanam di rumah-rumah. Selain bentuk dan bunganya yang cantik, ternyata kamboja juga memiliki manfaat medis, yaitu untuk meredakan deman, menyembuhkan rasa nyeri, mengobati radang, dan masih banyak lagi. Jika anda ingin menanam tanaman ini di halamn rumah anda, anda cukup menyediakan lahan untuk menanamnya, namun karena tanaman ini dapat tumbuh besar anda perlu memberikan jarak antara lahan yang akan ditanami kamboja dengan tanaman lain di sekitarnya. Jika anda ingin menanam kamboja namun tidak memiliki lahan, tentu tidak perlu khawatir, karena saat ini sudah banyak kamboja versi mini yang dapat ditanam di pot. Untuk perawatannya anda hanya perlu meletakkannya di tempat yang terkena sinar matahari langsung.

5.        Bunga Kertas (Bougenville)
Sumber gambar: http://www.kebunpedia.com
Apabila anda sedang bingung memilih tanaman hias untuk rumah anda, mungkin bunga kertas ini bisa menjadi pilihan. Bunga kertas merupakan tanaman hias yang tidak dapat tumbuh tegak, namun keindahan dari tanaman hias ini ialah karena terdapatnya seludung bunga dengan warna-warna yang cantik. Jika anda pernah melihat tanaman ini, mungkin saja anda mengira seludung yang dimaksud adalah bunga dari tanaman ini, namun sebenarnya bunga dari tanaman ini terdapat di dalam seludung tersebut. Perawatan untuk tanaman ini tidaklah terlalu sulit, sama seperti tanaman daerah tropis lainnya anda hanya perlu meletakkannya di bawah paparan sinar matahari dan menyiramnya sesekali saja.


Nah itu tadi beberapa jenis tanaman hias yang cocok untuk ditanam di daerah tropis. Tanamlah tanaman yang sesuai dengan keinginan anda, hiaslah rumah anda agar indah dan cantik dipandang, Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS