Tips Belajar Super Efektif

Thursday, July 6, 2017



Musim-musim ujian telah tiba nih! Saatnya kita cari tahu tips belajar efektif agar segala hal yang telah kita pelajari dapat ditangkap dengan baik oleh otak untuk bekal mengerjakan soal.

Pertama, fokus pada satu hal.
Bergonta-ganti mengerjakan sesuatu malah membuat kita tidak akan fokus. Apalagi jika kita sedang belajar yang nyatanya membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Fokus akan menjadi hal yang paling penting dalam membentuk sebuah memori. Jadi, agar infromasi yang kita serap bisa berubah dari ingatan menjadi jangka pendek ke ingatan jangka panjang, kita harus memfokuskan diri untuk berkonsentrasi penuh pada suatu informasi ini.

Kedua, gunakan beberapa cara.
Cobalah kenali gaya belajar kita. Apakah mendengarkan (auditif) atau atau melihat (visual). Kalau kita termasuk tipe auditif, cobalah untuk membaca materi dengan keras lalu merekamnya atau kita bisa tanya jawab dengan teman. Sedangkan untuk tipe visual, cobalah beri warna atau garis pada materi yang penting. Bisa juga dengan merangkumnya menjadi catatan bar berbentuk bagan, diagram atau dihias dan diberi warna-warna yang menarik.
Fyi, semakin banyak cara yang kita gunakan untuk belajar, semakin besar kemungkinan otak kita mempertahankan memori tentang informasi tersebut. Karena, cara yang berbeda akan mengaktifkan berbagai bagian otak yang berbeda pula. Dengan adanya beberapa bagian otak yang bekerja maka kemampuan kita untuk menyerap dan mempertahankan informasi itu dalam otak akan lebih baik juga.

Selingi dengan istirahat dan tawa.
Hindari terus menerus belajar selama beberapa jam. Selingi dengan minum, makan camilan, dan tawa. Minum air putih bisa memberi tambahan oksigen dan mencegah dehidrasi. Karena jika tubuh kekurangan cairan, maka kemampuan otak untuk merespon informasi yang masuk akan berkurang. Tertawa akan memberikan efek segar bagi otak sehingga bisa bekerja lebih baik untuk memecahkan suatu masalah atau soal dan lebih kreatif.
Jangan memaksakan diri untuk belajar jika kita sudah mengantuk, karena kemampuan otak untuk menyerap informasi dan menyimpannya dalam memori pun akan sangat berkurang. Jadi, otak yang mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup justru bisa menyerap informasi lebih cepat. Lebih baik tidur jika sudah mengantuk, barulah dilanjut belajar lagi setelah bangun tidur.

Tes diri sendiri.
Setelah belajar, cobalah tes diri sendiri dengan soal-soal materi yang baru dipelajari. Hal ini akan lebih efektif untuk membantu kita mengingat materi yang sudah dipelajari dan menyimpannya sebagai memori jangka panjang, daripada hanya dengan menghafalnya berualng-ulang.

Olahraga.
Sebelum memulai belajar, olahraga lah dahulu 15 menit. Bisa juga saat sedang belajar dengan berhenti sebentar untuk olahraga selama 15 menit. Terlebih kalau pikiran kita sudah terasa berat. Dengan berolahraga selama 15 menit, maka pikiran kita akan jernih. Bisa dengan jalan cepat ataupun jogging.

Ajarkan pada orang lain.
Beberapa pakar pendidikan dan psikolog menemukan faka kalau mengajarkan materi yang sudah kita pelajari kepada orang lain bisa meningkatkan pemahaman dan daya ingat kita tentang memori tersebut.

Jangan dipaksakan.

Belajar itu bukan proses yang instan, dan tidak harus berjalan dengan sempurna. Terkadang saat menghafal atau mengerjakan soal latihan, kita lupa hal yang baru dipelajari. Daripada terus memaksa otak untuk mengingat jawabannya, lebih baik langsung lihat saja jawabannya. Karena, semakin lama kita menghabiskan waktu untuk mengingat jawaban atau materi yang kita lupa, semakin besar kemungkinan otak kita benar-benar melupakan materi itu untuk kedepannya. jadi, jangan dipaksakan!

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS