Yuk, Jaga Stamina Tubuh Saat Berpuasa Dengan 5 Tips Ini

Friday, June 9, 2017

Tak terasa, kita telah memasuki hari keempatbelas di bulan Ramadhan tahun ini. Puasa bukan berarti kita terus bermalas-malasan, lho. Tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama kurang lebih 14 jam, sehingga kita harus mampu menjaga stamina tubuh agar tetap prima. Untuk menjaga stamina tubuh, kita harus memperhatikan pola makan saat buka maupun sahur serta istirahat yang cukup. Pastikan saat buka dan sahur kita mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, agar dapat menjalani puasa dengan baik. Nah, berikut ini penulis akan memberi tahu tips agar stamina tubuh tetap baik saat puasa. Yuk disimak.



1.   Jangan Pernah Melewatkan Sahur

Penuhi nutrisimu saat sahur

    Banyak orang yang sering melewatkan makan sahur hanya karena malas bangun. Padahal, sahur merupakan hal yang paling penting dalam berpuasa guna menambah stamina tubuh agar dapat berpuasa dengan lancar. Saat sahurpun, jangan asal-asalan memilih makanan ya, sebab menu sahur dapat mempengaruhi kinerja tubuh kita selama seharian penuh. Makanan yang dianjurkan sebagai menu sahur adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti beras, beras merah, ubi, oatmeal, atau singkong, agar perut terasa kenyang lebih lama. Untuk asupan protein, sebaiknya tidak mengonsumsi jenis makanan yang digoreng dan dianjurkan mengonsumsi makanan yang dikukus, rebus, atau dipepes. Terlalu banyak mengonsumsi gorengan membuat sistem pencernaan terbebani dan rasa lapar muncul lebih cepat. Selain itu, buah, sayur dan air putih yang cukup juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh saat berpuasa. Adapun jenis makanan yang perlu dihindari saat sahur adalah makanan yang merangsang asam lambung, seperti makanan pedas, asam, terlalu manis dan mengandung kafein. Makanan yang mengandung gas seperti nangka, durian, kol, sayuran berserat tinggi dan minuman berkarbonasi juga sebaiknya dihindari, agar pencernaan tak terganggu selama berpuasa.

2.   Meminum Air Hangat Saat Sahur
Minum air putih hangat saat sahur ya

Puasa dapat memberi sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh, dan jika diimbangi dengan  pola makan yang baik, maka manfaatnya bisa lebih istimewa. Minum air hangat saat berbuka atau sahur sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Minum air hangat dapat membantu menyingkirkan akumulasi racun dalam tubuh. Saat sahur, meminum air hangat dapat berfungsi untuk melegakan tenggorokan dan meluruhkan sisa-sisa makanan pedas (yang mungkin dimakan saat sahur) yang tertinggal di tenggorokan. Selain itu, meminum segelas air hangat saat sahur atau berbuka bisa mengaktifkan sistem pencernaan, meningkatkan metabolisme tubuh, serta merangsang aliran darah ke usus, yang kemudian membantu dalam gerakan usus dan melancarkan proses buang air besar. 

3.   Hindari Tidur Setelah Sahur
Jangan tidur seteah sahur, ya

   Setelah mengonsumsi makanan, lambung akan mencernanya menjadi sari-sari makanan yang nantinya akan diserap tubuh. Makanan yang kaya akan karbohidrat dan lemak membutuhkan minimal 2 jam untuk menggiling makan tersebut sampai berubah bentuk menjadi sari pati makanan. Apabila tidur di bawah 2 jam setelah makan, saluran pencernaan belum sempat menggiling makanan dan dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan dan penyerapan nutrisi tubuh. Gangguan saluran pencernaan inilah yang akan berdampak pada minimnya energi yang dihasilkan tubuh. Selain itu, makanan yang tidak tergiling atau tercerna secara sempurna,  dapat menyebabkan iritasi pada lambung. Gejalanya yaitu nyeri di sekitar ulu hati atau perut kiri bagian atas, atau bahkan menimbulkan sensasi panas di dada. Maka dari itu, bagi kalian yang menderita penyakit maag sebaiknya hindari kebiasaan tidur setelah sahur ya.  

4.   Lakukan Olahraga Ringan
Yoga, olahraga ringan saat berpuasa

Mayoritas orang-orang yang berpuasa malas beraktivitas fisik guna menghemat energi. Padahal, olahraga harus tetap dilakukan meskipun sedang menjalankan puasa, sebab dapat membantu tubuh tetap sehat, memperlancar proses metabolisme tubuh serta menjaga fungsi sistem tubuh dan stamina tubuh. Agar tidak terlalu menguras banyak tenaga, lakukanlah olahraga ringan seperti yoga, bersepeda atau berjalan kaki di sekitar kompleks rumah. Anda bisa melakukan olahraga ketika sore hari menjelang waktunya berbuka, atau bahkan saat setelah sahur sambil menghirup udara pagi yang masih bersih dan segar.

5.   Istirahat Yang Cukup
Istirahat yang cukup saat berpuasa


Tidur saat berpuasa ternyata banyak manfaatnya lho. Namun, pastikan porsi istirahat Anda jangan terlalu berlebihan atau kekurangan ya. Isilah hari-hari di bulan Ramadhan dengan kegiatan yang bermanfaat.  Hindari bergadang jika sedang tidak melakukan kegiatan yang penting, agar Anda tidak bangun kesiangan saat waktunya sahur. Setelah makan sahur sebaiknya jangan tidur lagi, karena selain dapat melewatkan ibadah shalat Subuh, tidur sesudah sahur, dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan pada tubuh seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya. Terlalu banyak tidur saat puasapun dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas serta dehidrasi saat bangun. Maka dari itu, usahakan jaga pola istirahat Anda selama berpuasa agar tubuh tetap sehat.

Nah, itu tadi 5 tips menjaga stamina dan kesehatan tubuh saat berpuasa. Pastikan Anda tidak jatuh sakit saat berpuasa ya. Jangan lupa konsumsi buah, sayuran, serta air putih yang banyak untu memenuhi nutrisi tubuh.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS