Dampak Negatif Bermain Gadget Sebelum Tidur

Tuesday, June 13, 2017

Sumber gambar: http://archive.siasat.com
Apa kabar sahabat? Bagaimana menjalani aktivitas hari ini? Lancar bukan?. Jika aktivitas anda hari ini kurang begitu lancar, mungkin saja ada sesuatu yang salah pada diri anda, mungkin saja dengan kesehatan anda. Salah satu faktor yang menyebabkan terganggunya aktivitas anda ialah masalah tidur. Kurang tidur atau bahkan tidur yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada diri anda, hal ini menyebabkan aktivitas yang akan anda jalankan pada keesokan harinya menjadi terganggu.
Di era globalisasi seperti saat ini, banyak sekali hal-hal yang menyebabkan seseorang tidak memiliki waktu tidur yang berkualitas. Salah satunya ialah penggunaan gadget yang berlebihan, terlalu sering dan ketergantungan kita dalam menggunakan gadget sampai pada malam hari menjelang tidur menyebabkan beberapa masalah tidur. Berikut ini merupakan beberapa hal yang menyebabkan tidur tidak berkualitas karena bermain gadget sebelum tidur:

  • Terganggunya Syaraf

Terlalu sering menggunakan gadget sebelum tidur menyebabkan waktu tidur kita berkurang, hal ini menyebabkan neurotoxin meningkat. Hal tersebut dapat menyebabkan anda kesulitan untuk tidur dan membuat tidur anda menjadi tidak berkualitas, padahal tidur tidak teratur dapat menjadi penyebab beberapa penyakit serius.
  • Kelelahan Otak

Karena terlalu asyik bermain gadget membuat seseorang lupa waktu bahkan sampai melewati jam tidur yang seharusnya. Ketika bermain gadget maka otak kita merasa lelah sehingga pagi hari saat melakukan aktivitas seperti bekerja atau sekolah anda akan kesullitan untuk berkonsentrasi.
  • Depresi

Salah satu hormon yang diproduksi tubuh yang mengakibatkan tidur menjadi nyenyak disebut melatonin. Apabila hormon ini sudah terganggu, maka seseorang tidak dapat memiliki tidur yang teratur atau menjadi kurang tidur. Salah satu hal yang dapat mengganggu hormon ini ialah bermain gadget sebelum tidur. Padahal kurang tidur bagi seseorang dapat menyebabkan depresi.
  • Cepat Kelelahan

Seperti dijelaskan di atas, karena terlalu asyik bermain gadget dan tidak ingat waktu sehingga dapat mengurangi waktu tidur yang seharusnya. Hal tersebut menyebabkan kita menjadi cepat kelelahan ketika melakukan aktivitas di keesokan harinya dan pekerjaan menjadi tidak maksimal.
  • Kerusakan Mata

Terlalu sering menatap layar gadget dapat menyebabkan beberapa penyakit pada mata seperti minus, hal ini disebabkan karena retina mata yang terlalu lama menatap layar gadget menjadi tegang. Ditambah kita bermain gadget sebelum tidur sehingga menggunakannya sambil berbaring, hal tersebut dapat menyebabkan semakin cepatnya kerusakan pada mata. Bahkan dampak terburuknya ialah dapat menyebabkan katarak.

Nah sahabat, itu tadi beberapa dampak negatif bermain gadget sebelum tidur. Semoga bermanfaat dan membuat sahabat menyadari pentingnya kesehatan pada diri kita. Sayangilah kesehatan anda dengan tidak bermain gadget sebelum tidur.

No comments:

Post a Comment

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS